Berapa Sinamot untuk Boru Batak Super Cantik dan Pandai Masak?

Maruli Simarmata | Kamis, 21 April 2016 22:04:16

Duma Riris Silalahi - Astrid Tiar Panjaitan/Blogspot
Duma Riris Silalahi - Astrid Tiar Panjaitan/Blogspot

Punya pacar Boru Batak yang super cantik dan pandai masak adalah impian setiap pria halak hita. Maklum, menurut Sensus 2010, jumlah orang Batak cuma sekitar 8 jutaan atau 3,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Dapat Boru Batak aja sudah syukur. Apalagi yang cantiknya pakai ‘super’, ditambah pandai masak pula. Kalau kalian mendapatkannya, pastilah itu sebuah anugerah, kalau tidak mau menyebutnya ‘keberuntungan’… he-he-he

Bagaimana tidak beruntung, si pria seakan mendapatkan ‘bibit unggul’ untuk hidup bersama melanjutkan keturunan.

Namun, mendapatkan Boru Batak yang super cantik dan pandai masak terkadang juga mengundang masalah menjelang pernikahan adat. Apalagi persoalannya, kalau bukan sinamot? He-he-he

Sinamot atau tuhor adalah mas kawin/mahar dalam adat Batak Toba yang diberikan pihak laki-laki (paranak) kepada pihak perempuan (parboru) pada saat pesta adat pernikahan (marunjuk).

Dulu sinamot bisa berupa hewan ternak, namun setelah adanya mata uang, hampir semua sinamot sekarang berbentuk uang. Sekali lagi ya, UANG! :)

Karena begitu penting sinamot dalam pesta nikah adat Batak Toba, pembicaraan mengenai uang mahar ini dilakukan jauh-jauh hari dilakukan, sebelum diberikan pada saat pesta adat pernikahan.

Bahkan, tidak jarang karena tidak ada kesepakatan antara pihak laki-laki dan perempuan soal sinamot, pernikahan pun batal terlaksana. Jadi, jangan sampai ini terjadi sama kalian ya…

Supaya mimpi punya istri yang super cantik dan pandai masak jadi kenyataan, para pria Batak harus mengantisipasi jumlah sinamot yang diinginkan keluarga perempuan.

Lalu berapa kira-kira jumlah sinamot untuk Boru Batak yang super cantik dan pandai masak?

Tidak ada ukuran yang pasti untuk jumlah sinamot. Namun, bukan berarti para pria tidak bisa memperkirakannya.

Untuk sinamot Boru Batak yang super cantik, para pria Batak bisa merujuk pada pengalaman Judika Sihotang dan Gerhard Reinaldi Situmorang.

Kalian pasti tahu kan, Judika dan Aldi masing-masing adalah suami dari Duma Riris Silalahi dan Astrid Tiar Panjaitan, yang super cantik. Ya jelaslah, keduanya kan artis… he-he-he

Untuk menikahi Astrid, Aldi memberikan sinamot Rp 150 juta. “Ada tawar-tawaran harga pihak laki-laki mau beli aku. Dan aku dihargain Rp 150 juta," kata Astrid dua bulan jelang pernikahannya, 21 Juli 2012.

Pernikahan Aldi Situmorang dan Astrid T Panjaitan/kln

Beruntung tidak ada tawar menawar yang sengit soal sinamot antara pihak keluarga Aldi dan Astrid. Hal ini pun disyukuri oleh keluarga Aldi.

“Jadi keluarga kami yang menentukan harga (Rp 150 juta). Dan ternyata keluarganya Astrid tidak macam-macam," ujar Rotua, ibunda Aldi, yang kini sudah mendapat cucu perempuan dari Aldi dan Astrid.

Kalau dibandingkan dengan Aldi-Astrid, sinamot yang diberikan Judika ke Duma Riris lebih besar, yakni Rp 200 juta.

“Sinamotnya Rp 200 juta,” bisik Mince Manurung, ibunda Duma Riris, yang kini sudah memiliki dua cucu hasil pernikahan putrinya dengan penyayi bersuara melengking itu.

Pernikahan Judika Sihotang dan Duma R Silalahi/blogspot

Maklumlah, sinamot Aldi itu harga sinamot Juli 2012, semetara Judika menikahi Duma Riris pada Agustus 2013 atau sudah lebih dari setahun. Jadi wajar kan kalau naik limpul juta...ha-ha-ha

Itulah harga sinamot untuk dua Boru Batak yang super cantik. Lalu apakah dengan harga sinamot segitu, Astrid dan Duma Riris juga pandai masak?

Ah, mau pandai masak atau tidak, harga sinamot mereka pasti sudah bikin kalian pening kan…he-he-he