Namarito

Ester Napitupulu | Minggu, 17 April 2016 01:04:00

Pernikahan Saudara (Incest). Batakgaul.com
Pernikahan Saudara (Incest). Batakgaul.com

Namarito atau namariboto artinya bersaudara-saudari. Bisa dibayangkan kalau sesama saudara-saudari akhirnya menikah, sama juga incest kan?

Nah, kategori namarito itu cukup banyak. Pertama, patrilateraal cross cousin, yakni antara seorang laki-laki dengan putri namboru (saudara perempuan ayah) atau seorang perempuan dengan putra tulang (saudar laki-laki ibu).

Jadi, buat cowok-cowok, kalian ingat ya: menikahi putri namboru adalah terlarang! Atau bagi cewek-cewek: menikahi putra tulang itu pantang!

Apa alasan larangan tersebut? 

Kategori namarito yang kedua adalah anak bapatua/bapauda atau anak inangtua/inanguda (parallel cross cousin). Pernikahan dengan anak bapatua/bapauda atau anak inangtua/inanguda dilarang karena juga dianggap marsumbang alias incest.

Disebut incest karena seseorang dengan anak bapatua/bapauda-nya atau anak inangtua/inanguda-nya dianggap lahir dari satu ibu.

Kata ‘uda’ (muda) dan ‘tua’ di belakang bapatua/bapauda dan inangtua/inanguda menunjukkan mereka adalah bapak kita yang lebih tua atau muda, dan ibu kita yang lebih tua atau muda.

Pada intinya, siapapun yang kita panggil bapatua/bapauda atau inangtua/inanguda, juga adalah bapak dan ibu kita sendiri. Masak kalian mau menikahi anak bapak atau ibu kalian sendiri? Tentu tidak kan.