Boru Jawa Bisa ‘Di-Batak-kan’

Ester Napitupulu | Jumat, 06 Mei 2016 21:05:11

Upacara adat Mangain Boru/blogspot
Upacara adat Mangain Boru/blogspot

Alasan lain bahwa banyak pria Batak akhirnya memilih boru Jawa adalah adat Batak tidak sekaku yang dibayangkan. Buktinya, dalam adat Batak, ada yang namanya mangain boru (mengangkat anak perempuan/memberi marga).

Dengan mangain boru ini, pria Batak bisa menjadikan boru Jawa sebagai boru Batak. Tentu yang mengangkat marga bukanlah keluarga pihak pria sendiri, melainkan keluarga lain yang telah ditentukan menjadi orangtua angkat si boru Jawa.

Jika ingin menikah secara adat Batak Toba, orangtua angkat untuk boru Jawa adalah wajib, kendati dia masih mempunyai orangtua kandung yang setuju dengan pernikahan tersebut.

Nah, jika sudah diangkat lewat acara adat mangain boru, wanita yang terlahir bukan sebagai orang Batak itu akan dianggap sepenuhnya sebagai boru Batak. Tidak boleh ada hak-hak dia sebagai boru Batak yang dikurangi, sekalipun dia menjadi Batak lewat pentahbisan secara adat.

Jika ada kalangan yang mempersoalkan hal tersebut, mereka berarti sama saja mempertanyakan proses adat mangain boru yang sudah dilakukan.