Sulit Bercerai

Ester Napitupulu | Jumat, 06 Mei 2016 02:05:11

Ilustrasi perceraian?blogspot
Ilustrasi perceraian?blogspot

Semua orangtua pasti ingin pernikahan anaknya langgeng, alias tidak berujung pada perceraian. Alasan inilah yang salah satunya membuat para orangtua Batak tetap menginginkan putra/putrinya menikah dengan sesama halak hita.

Lho memangnya pernikahan sesama Batak dijamin langgeng?

Memang tidak menjamin. Namun kebanyakan para orangtua Batak tetap ingin putra/putrinya menikah dengan sesama halak hita agar bisa gampang dinikahkan secara adat.

Nah, biasanya kalau sudah dinikahkan secara adat, perceraian akan sulit terjadi. Bukan karena kedua pengantin akan cocok selamanya, tetapi karena mereka akan berpikir ulang jika ingin bercerai. Sebab, perceraian sebuah rumah tangga yang ditahbiskan oleh adat Batak tidaklah gampang.

(BACA: 4 Strategi Mencari Jodoh Batak yang Perlu Kalian Ketahui)

Perlu diingat, pernikahan Batak adalah bukan semata-mata peleburan dua individu, tetapi dua keluarga besar. Nah, jika pasangan suami istri (pasutri) ingin bercerai, mereka juga harus memikirkan tentang bagaimana 'menceraikan' dua keluarga besar yang sudah bersatu.

Tentu banyak prosesi adat yang harus dilewati, sehingga biasanya pasutri Batak yang ingin bercerai cepat-cepat mengurungkan niatnya jika sudah mengingat rumitnya prosesi menuju ke sana.