Wow! Danau Toba dkk Dipromosikan Sampai ke London

Ester Napitupulu | Selasa, 08 November 2016 19:11:19

Danau Toba/batakgaul
Danau Toba/batakgaul

Sepuluh destinasi wisata prioritas Wonderful Indonesia, termasuk Danau Toba, dipromosikan di World Travel Market (WTM) London, Inggris. Bursa pariwisata kelas dunia ini diikuti sedikitnya 182 negara dari berbagai belahan dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memimpin langsung delegasi Indonesia ke London, pada 7-9 November 2016.

"Indonesia bersiap untuk menyambut wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia melalui keikutsertaan rutin kami dalam WTM London," kata Arief Yahya.

WTM London 2016 sebagai event pameran industri pariwisata global paling ternama mulai mencatatkan sejarahnya tahun ini. Acara itu digelar di jantung Kota London dan diikuti ratusan perwakilan dari berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

"Indonesia turut serta mengambil bagian dalam acara prestisius ini dengan menawarkan bebas visa kepada wisman dari 169 negara, selain juga bandara dan pelabuhan baru yang telah dibangun dan diupgrade untuk menyambut wisman dari berbagai negara," kata Arief.

Stand Indonesia di WTM London/KBRI London

Dia meyakini Indonesia akan mampu mencapai target kunjungan wisman tahun ini, hingga Juli 2016 wisman ke Indonesia sudah mencapai 6,23 juta orang atau 53 persen dari target tahun ini.

"Kami percaya bahwa Indonesia akan mencapai target 12 juta wisman sampai akhir tahun ini," katanya.

Pada kesempatan itu Indonesia menawarkan keberagaman terdiri dari keindahan alam yang eksotis dengan pantai-pantai dan pegunungan yang menawan.

Selain juga budaya, bahasa, agama, tradisi, serta sejarah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik betapa tolerannya masyarakat Indonesia yang hidup dalam harmoni dalam keberagaman.

Keunikan itu dikemas dalam sebuah paket dengan branding Wonderful Indonesia.

Berdasarkan laporan dari WTM 2015, para pelaku industri optimistis ajang tersebut masih sangat prospektif.

Lebih dari 50.000 para pelaku industri pariwisata kawakan hadir di WTM untuk menjajaki bisnis dan menandatangani kontrak.

Selama tiga hari pelaksanaan, diestimasikan 42 persen atau 4 dari 10 pelaku industri menyetujui kesepakatan bisnis di ajang itu.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wilayah Eropa Timur Tengah Afrika dan Amerika Nia Niscaya mengatakan di WTM London 2016, Indonesia menargetkan kenaikan 10 persen persetujuan bisnis dan kontrak.

"Tahun ini kami juga fokus menawarkan paket wisata baru untuk destinasi baru seperti Joglosemar di Jawa, Coral Wonders-kecantikan segitiga koral Indonesia, Raja Ampat, Wakatobi dan Bunaken, Kepulauan Riau, Danau Toba, Blue Fire Crater di Banyuwangi, dan lain-lain," kata Nia.

Dalam tiga hari pelaksanaan, Indonesia akan menandatangani kerja sama kemitraan dengan WTM London sebagai salah satu sponsor utama acara tersebut.

"Kami juga menampilkan karnaval, kopi dan mixologist, tasting session, spa, membatik, tarian tradisional sebagai highlights utama dalam event," kata Nia.

SPONSORED
loading...