Tahun Depan, Festival Danau Toba akan Dipusatkan di Bakkara

Jordan Silaban | Rabu, 14 September 2016 18:09:00

Penutupan Festival Danau Toba 2016 di Muara/FB: Wonderful Danau Toba
Penutupan Festival Danau Toba 2016 di Muara/FB: Wonderful Danau Toba

Festival Danau Toba (FDT) merupakan agenda tahunan dalam rangka mendongkrak pariwisata di kawasan danau vulkanis terbesar di dunia tersebut. 

Setelah FDT 2016 di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara berakhir, FDT tahun depan diputuskan digelar di Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Dalam acara penutupan FDT 2016 di Dermaga Muara, Senin (12/9), Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Perwakilan dari Kementerian Pariwisata Andhy Marpaung, dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Sumut, Elisa Marbun menyerahkan secara simbolis naskah serah terima tuan rumah Festival Danau Toba 2017 yang diterima oleh Kadis Perhubungan dan Pariwisata Humbahas, Mangupar Manullang.

Bakkara adalah sebuah wilayah terdiri dari beberapa dusun dan desa yang terhampar di lembah dengan jarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul. Bakkara dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras.

(BACA: Ini Orang Barat Pertama yang Injakkan Kaki di Danau Toba)

Lembah Bakkara/blogspor

Untuk menuju Bakkara, terdapat dua akses jalan. Kalau datang dari arah Medan, maka pengunjung akan masuk dari Siborong-borong menuju arah Kecamatan Muara.

Sedangkan, kalau datang dari arah Sidikalang, maka pengunjung akan masuk daerah Doloksanggul dan menyusuri jalan berliku-liku di pinggir tebing yang menjulang tinggi. Sementara di sisi lainnya ada pemandangan indah yaitu jurang yang begitu dalam dan hamparan Danau Toba serta pulau Samosir yang tampak dari kejauhan.

(BACA: Sulitnya Penjajah dan Misionaris Barat Temukan Danau Toba)

Dengan dijadikannya Bakkara sebagai tuan rumah FDT 2017, maka Humbahas akan menjadi kabupaten yang sibuk ke depan, karena akan menjadi tuan rumah sejumlah acara nasional.

Jauh sebelum FDT 2017 digelar, pada 27 Desember mendatang, Humbahas akan menjadi tuan rumah perayaan Natal Nasional 2016.

Jadi bagi kalian warga, atau yang kampungnya di Humbahas, selamat ya. Semoga semua acara nasional ini membawa kemajuan buat Bonapasogit tercinta. Horas! Mejuah-juah! Njuah-njuah!