Simalungun & Tobasa Jadi Tuan Rumah Karnaval Kemerdekaan RI ke-71

Jordan Silaban | Minggu, 24 Juli 2016 07:07:42

Danau Toba/pinterest
Danau Toba/pinterest

Kabupaten Simalungun dan Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, ditetapkan sebagai tuan rumah Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba tahun 2016. Karnaval ini digelar dalam merayakan HUT ke 71 Kemerdekaan RI.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Simalungun, Resman Saragih, mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait.

Rapat koordinasi itu untuk memantapkan langkah-langkah persiapan karnaval yang akan dihadiri Presiden, Joko Widodo pada 20-21 Agustus 2016.

Karnaval yang dipusatkan di Balige (Tobasa) dan Parapat (Simalungun) sebagai bentuk syukur bangsa atas keindahan Danau Toba sebagai bagian dari Indonesia.

(BACA JUGA: Danau Toba Jadi Pusat Perayaan HUT RI ke-71, Jokowi Hadir!)

Empat dari enam agenda kegiatan nasional diadakan di Parapat, seperti panggung hiburan rakyat, opera Batak, parade lampu hias dan festival kuliner rakyat.

Untuk kebutuhan itu, di Pantai Bebas Parapat rencananya didirikan panggung di atas perairan Danau Toba yang ditangani 10 tim kreatif dari Jakarta.

(BACA JUGA: Slank akan 'Luluhlantakkan' Panggung Mengapung di Danau Toba)

Panggung terapung tersebut panjangnya 24 meter, lebar 12 meter dengan tinggi 6 meter, dan usai digunakan oleh tim akan diserahkan ke Pemkab Simalungun.

"Kembang api dan kapal hias juga akan memeriahkan Karnaval Kemerdekaan ini," sebut Resman.