Setelah Belanda, Danau Toba dkk Dipromosikan ke Finlandia

Coky Simanjuntak | Selasa, 10 Januari 2017 12:01:08

Ilustrasi Danau Toba/ IG: @betasuntea
Ilustrasi Danau Toba/ IG: @betasuntea

Danau Toba dan destinasi wisata lainnya kembali dipromosikan pemerintah lewat ‘Wonderful Indonesia’ ke mancanegara. Setelah Belanda, kini Danau Toba dkk dipromosikan di ajang 'Matka-Nordic Travel Fair 2017 di Finlandia.

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Nia Niscaya mengatakan pasar pariwisata di kawasan Nordic sebagai bagian dari Eropa merupakan salah satu potensi pasar yang besar.

"Indonesia menargetkan mampu mendatangkan 2,1 juta wisman Eropa ke Indonesia. Lebih khusus lagi, sebagai salah satu bagian dari pasar Eropa, pasar Nordic memiliki potensi yang besar sebagai originasi wisman," kata Nia seperti dikutip Antara, kemarin.

Menurut dia, dengan jumlah populasi sebanyak 27 juta jiwa dan rata-rata penghasilan per kapita sebesar 55.235 dolar AS, pasar Nordic adalah pasar yang patut untuk diperhitungkan.

Pada 2015, jumlah wisman Nordic yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 98.960 wisman.

"Jumlah tersebut diprediksi meningkat pada 2016 karena sampai Oktober 2016, jumlah wisman Nordic sudah tercatat sebanyak 95.196 wisman," tuturnya.

Dengan peningkatan jumlah wisman Nordic yang terus tumbuh dari tahun ke tahun, langkah-langkah untuk mempromosikan Wonderful Indonesia di pasar Nordic dianggap sebagai upaya yang strategis.

Oleh karena itu, Indonesia turut mengambil bagian dalam pameran pariwisata terbesar di kawasan Eropa Utara yang bahkan telah diakui sebagai event terbaik untuk masuk ke pasar Nordic, Baltic, dan Rusia, yaitu Matka - Nordic Travel Fair.

Ajang yang akan diselenggarakan pada 19 - 22 Januari 2017 di Messukeskus, Helsinki, Finlandia, itu diharapkan mampu mendatangkan hasil transaksi yang besar bagi para pelaku industri Indonesia yang turut serta dalam acara tersebut.

"Tahun ini Indonesia menargetkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yaitu naik sebesar 3 persen," ucapnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya menggandeng enam industri pariwisata yang terdiri dari satu "Destination Management Company/ Organization" (DMC/DMO), tiga tour agents/tour operator (TA/TO), dan satu hotel.

Sementara untuk meramaikan pavilion Indonesia, pihaknya akan menampilkan sejumlah kebudayaan Indonesia.

Apa saja?