Serunya Lomba Perahu Naga di Danau Toba

Coky Simanjuntak | Sabtu, 29 April 2017 08:04:29

Lomba Perahu Naga Samosir/FB: Samuel Fernando
Lomba Perahu Naga Samosir/FB: Samuel Fernando

Sebanyak 26 tim dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh mengikuti kejuaraan perahu naga (dragon boat) yang diadakan di Samosir, Jumat (28/4).

Perlombaan dengan lintasan sejauh 800 meter dengan waktu dua hari itu diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Samosir di Pelabuhan Onan Baru Pangururan.

Dari 26 tim itu, 17 tim di antaranya berasal dari Kabupaten Samosir dan selebihnya dari Kota Medan, Tanjung Balai, Sibolga, Kabupaten Serdang Bedagai, Batubara, Humbang Hasundutan, Tobasa, dan Simeulue Aceh.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kejuaraan itu merupakan ajang pembinaan bagi atlet-atlet dayung yang nantinya dapat mengikuti berbagai kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional.

"Kejuaraan dayung merupakan tradisi di Samosir maupun di kawasan Danau Toba, untuk itu harus dilestarikan dan dikembangkan," kata Rapidin.

Kejuaraan tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya mempromosikan wisata dan budaya Kabupaten Samosir, dan telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten setempat.

Rapidin berpesan kepada segenap peserta untuk berlomba secara sportif dalam meraih prestasi seraya menikmati keindahan alam Danau Toba, khususnya di "Samosir Negeri Indah, Kepingan Surga" itu.