Semua Peserta Karnaval Kemerdekaan Toba Pakai Ulos dan Sortali

Jordan Silaban | Kamis, 11 Agustus 2016 21:08:48

Tortor/youtube
Tortor/youtube

Banyak hal menarik yang akan ditampilkan dalam  Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) yang dilaksanakan di Parapat, Kabupaten Simalungun dan Balige, Kabupaten Tobasa pada 20-21 Agustus mendatang..

Koordinator Karvanal, Jay Wijayanto, menyebut yang paling menarik dari karnaval ini semua penonton akan mengenakan ulos dan tutup kepala tenun atau sortali. 

“Karnaval ini akan menjadi ekspresi kegembiraan semua warga masyarakat, karena penonton sekaligus menjadi peserta karnaval ini,” ujar Jay dalam jumpa pers di Jakarta kemarin. 

"Apalagi desa-desa, komunitas budaya dan berbagai kelompok masyarakat telah bersepakat untuk mendukung dan menyukseskan acara ini,” imbuh Jay.

(BACA: Ini Dia 2 Orang Batak dalam Film ‘Rudy Habibie’)

Sortali, tali pengikat kepala khas Batak/olx

Dalam karnaval tersebut, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana akan mengenakan baju khas Batak. Presiden akan mengenakan ulos Ragidup Sirara, sementara Ibu Negara mengenakan ulos bermotif Tum-Tum. 

Kedua pakaian adat Presiden dan Ibu Negara dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat. Menteri yang hadir akan mengenakan rancangan karya designer Merdi Sihombing.

(BACA: Ini Orang Barat Pertama yang Injakkan Kaki di Danau Toba)

Pesta rakyat untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini akan diikuti oleh 26 provinsi, 26 kabupaten dan kotamadya di provinsi Sumatera Utara dan 7 kabupaten di kawasan danau Toba. 

"Provinsi lain masih ditunggu sampai minggu depan untuk melakukan konfirmasi,” kata Premita Fifi, Ketua Panitia KKPDT 2016.