Sebelum Jokowi, Wapres JK Kunjungi Danau Toba pada Akhir Juli

Ester Napitupulu | Senin, 20 Juni 2016 20:06:53

Wapres Jusuf Kalla diulosi bersama Menko Polhukam Luhut Pandjaitan/blogspot
Wapres Jusuf Kalla diulosi bersama Menko Polhukam Luhut Pandjaitan/blogspot

Pemerintah pusat memberi perhatian besar terhadap pembangunan wisata Danau Toba, Sumatera Utara. 

Sebelum kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Danua Toba pada 17 Agustus mendatang, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan lebih dulu mendatangi danau vulkanis terbesar di dunia itu pada 29-30 Juli.

Beragam acara akan diadakan dalam rangka menyambut kunjungan Wapres ke beberapa kabupaten yang ada di sekitar Danau Toba.

Hal ini terungkap dalam rapat persiapan terkait agenda Wapres tersebut di Jakarta, Senin (20/6). 

Rapat dihadiri beberapa pejabat yakni Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon.

"Ada beberapa acara yang akan diadakan seiring kunjungan Wapres Jusuf Kalla, yaitu penanaman sekitar 7.000 pohon, musyawarah adat dan pembicaraan terkait pembangunan insfrasturktur serta pelestarian lingkungan," ujar Siti dalam rapat tersebut.

Siti melanjutkan, serangkaian kegiatan tersebut penting seiring dengan rencana pemerintah untuk memajukan wilayah Danau Toba melalui pembangungan infrastruktur dan pengembangan sektor pariwisata.

Rencana ini disambut baik oleh Gubernur Tengku Erry Nuradi. Dia berharap agenda Wapres itu tidak hanya menjadi ajang pertunjukan adat semata.

"Harus ada pembicaraan serius mengenai pengembangan infrastruktur dan meningkatkan daya saing masyarakat setempat dengan memunculkan kekhasan masing-masing wilayah demi menarik wisatawan," ujar Tengku.

Bupati-bupati dari tujuh kabupaten yang berada langsung di pesisir Danau Toba pun menyatakan kesanggupan untuk menyukseskan kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke wilayah danau vulkanis tersebut.

"Kami akan menyiapkan semuanya, apa saja yang diperlukan untuk menyukseskan kedatangan Wapres," ujar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan.

Adapun tujuh kabupaten yang berbatasan langsung dengan Danau Toba adalah Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Simalungun, Dairi dan Karo.

Beberapa wilayah yang rencananya masuk dalam kunjungan Jusuf Kalla adalah Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, dan Huta Ginjang di Kabupaten Tapanuli Utara.