Presiden Jokowi: Saya Senang Sekali Semua Pakai Ulos dan Sortali

Laurencius Simanjuntak | Minggu, 21 Agustus 2016 17:08:30

Presiden Jokowi memakai ulos di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016/batakgaul
Presiden Jokowi memakai ulos di Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016/batakgaul

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8) sore.

Jokowi, yang memakai Ulos Ragidup Sirara dan Sortali (ikat kepala), mengaku senang karena puluhan ribu warga yang hadir juga menggunakan pakaian adat.

"Saya senang sekali semua masyarakat pakai ulos, pakai sortali, serta pakai tumuman," kata Jokowi dari atas panggung di dekat jembatan Sopusurung, Balige.

(BACA: Ini Makna Ulos yang akan Dipakai Jokowi di Karnaval Pesona Toba)

Dalam pembukaan, Jokowi beserta Ibu Negara Ny Iriana Jokowi dan sejumlah pejabat negara sempat menyaksikan tarian dari 5 puak Batak, yakni Toba, Karo, Mandailing, Simalungun dan Pakpak.

"Saya melihat betul perbedaan kelimanya. Tapi itulah sebetulnya perbedaan yang mempersatukan kita," kata Jokowi.

Si Gale-gale dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016/batakgaul

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga terus mengajak agar seluruh masyarakat Indonesia memelihara perbedaan dan hidup berdampingan secara damai.

"Kalau kita pelihara, karakter, identitas dan jati diri setiap daerah, itulah yang akan terus mempersatukan bangsa Indonesia," kata Jokowi.

(BACA: Lagu Legendaris Ini Bukti Pendidikan Hal Utama bagi Orang Batak)

Saat membuka karnaval secara resmi, Jokowi memukul perkusi Batak, taganing dengan hitungan mundur dari lima yang diucapkan ramai-ramai dengan bahasa Batak Toba.

"Lima, opat, tolu, dua, sada," teriak warga riuh.

SPONSORED
loading...