Presiden Jokowi Akhirnya Teken Perpres Otorita Danau Toba

Jordan Silaban | Selasa, 14 Juni 2016 20:06:56

Presiden Jokowi di sebuah hotel di Danau Toba/Setpres
Presiden Jokowi di sebuah hotel di Danau Toba/Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

Informasi resmi penandatanganan ini memang belum disampaikan pihak Istana Kepresidenan, namun Menteri Pariwisata Arief Yahya mengonfirmasi hal tersebut usai peresmian rute penerbangan baru di Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (14/6).

Arief tidak bisa memastikan kapan tepatnya Perpres itu ditandatangani. Namun, menurutnya, Perpres itu sudah diteken belum lama ini.

"Ini langkah awal yang sangat bagus untuk pengembangan potensi kepariwisataan di Danau Toba," kata Arief seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Maruap Siahaan membenarkan penandatangan Perpres tersebut. Informasi itu didapatkannya dari staf khusus bidang Hukum Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumberdaya, Otto Hasibuan.

Hanya saja, lanjut Maruap, Otto tidak menjelaskan bagaimana struktur Badan Otorita Danau Toba, siapa saja yang duduk di badan di maksud, dan apa saja tugas-tugas mereka.

“Kita sama-sama menunggu seperti apa strukturnya karena belum dipubliksikan,” ujar Maruap seperti dilansir JPNN.

(BACA: Sebelum Jokowi Datang Lagi, Danau Toba Harus Bersih dari Keramba!)

Presiden Jokowi di Danau Toba/Perpres

Maruap sudah selayaknya warga Sumut khususnya yang berada di kawasan sekitar Danau Toba, mendukung penuh pembentukan Badan Otorita dimaksud.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal pembenahan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang bertaraf internasional,” imbuhnya.

(LIHAT INFOGRAFIS: 9 Langkah Danau Toba Menuju 'Monaco of Asia')

Berdasar draf Perpres yang sempat beredar, Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Pariwisata Danau Toba akan menjalankan tugas secara efektif mulai 31 Desember 2016. Nantinya, mereka bekerja selama 25 tahun.