Pesona Tele, Magnet Samosir Lewat Jalur Darat

Alex Zetro Siagian | Jumat, 24 Maret 2017 13:03:24

Sunsire dari Menara Pandang Tele/batakgaul
Sunsire dari Menara Pandang Tele/batakgaul

Perjalanan menuju Samosir sedianya lebih singkat jika ditempuh dengan kapal Feri. Namun, pesona Tele telah membuat banyak orang yang ingin ke pulau di tengah Danau Toba itu, rela memutar jalan lebih jauh.

Tele memang satu-satunya akses menuju Samosir lewat jalur darat. Capek karena perjalanan berjam-jam melewati Kabupaten Humbahas dengan jalan berliku, seakan lunas terbayar jika sudah sampai Menara Pandang Tele.

Terletak di Desa Tele Kecamatan Harian Boho, Kabupaten Samosir, Menara Pandang Tele adalah bangunan tinggi berlantai tiga persis di samping jalan lintas. 

Dari ketinggian, setiap pengunjung bisa menikmati panorama desa Sianjur Mula-mula dan Gunung Pusuk Buhit, yang dipercaya sebagai tempat tinggal orang Batak pertama. Juga hamparan pemandangan Danau Toba yang dikelilingi Bukti Barisan.

Pusuk Buhit dilihat dari Menara Pandang Tele/batakgaul

Jika cuaca mendukung, para pengunjung yang datang pagi hari akan disajikan dengan panorama sunrise. Sambil ngopi-ngopi di beberapa warung dan pondok yang disediakan, kalian bisa melihat munculnya matahari pagi dari balik Bukit Barisan secara perlahan. Indah sekali kan...

Apakah ada tarif masuk Menara Pandang Tele?