Pesona Aek Limut, Air Terjun di Gerbang Tano Batak

Alex Zetro Siagian | Rabu, 10 Mei 2017 16:05:45

Air Terjun Aek Limut/alex
Air Terjun Aek Limut/alex

Namanya Air Terjun Aek Limut. Tingginya yang mencapai 100 meter dan debit air yang tidak terlalu besar membuat para pengunjung terlena dengan tempat wisata ini.

Banyak pengunjung yang tadinya cuma ingin singgah, eh malah menghabiskan waktu berjam-jam untuk sekadar menikmati deburan air dari puncak air terjun di hutan di atas sana. Belum lagi airnya yang dingin dan jernih menjadi daya tarik tersendiri.

Air Terjun Aek Limut berada di Jalan Lintas Sigura-gura, Desa Meranti Tengah, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Asahan. Jika berangkat dari Asahan, air terjun semacam pintu gerbang menuju Tano Batak.

Air Terjun Aek Limut/alex siagian

Karena berada persis di tepi Jalan Lintas Asahan-Toba Samosir, air terjun ini memang kerap menjadi tempat persinggahan para pengendara untuk sekadar melepas lelah dalam perjalanan.

Beberapa pondok warung mulai berdiri di tepi jalan. Jajanan dan minuman segar mulai tersedia di sini.

Dulu, Air Terjun Aek Lumut tidak diurus dan nyaris diselimuti semak belukar. Belum lagi debit airnya yang kecil, membuat air terjun ini tak begitu diminati warga.

Lalu bagaimana bisa menarik seperti sekarang ini?