Pemandangan Luar Biasa Ini Ternyata Ada di Porsea...

Alex Zetro Siagian | Selasa, 30 Mei 2017 12:05:07

Desa Gala-gala Panghailan, Porsea, Tobasa/Paul Rajagukguk
Desa Gala-gala Panghailan, Porsea, Tobasa/Paul Rajagukguk

Tidak bisa dipungkiri, Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya, adalah daya tarik utama wisata di Tano Batak. Tapi tahukah kalian, selain dua magnet wisata tersebut, sebenarnya banyak sekali lokasi-lokasi indah di Bona Pasogit yang bisa disulap menjadi tempat melancong.

Belum lama ini batakgaul.com berkesempatan mengunjungi salah satu tempat yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Lokasinya ada di Desa Gala-gala Panghailan (baca: Pakkailan) yang berarti tempat untuk memancing, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir.

(DOWNLOAD: Aplikasi Jodoh Batak di Sini!)

Belum banyak orang, bahkan masyarakat Porsea sendiri, yang mengetahui keindahan lokasi ini. Sepintas, tempat ini hanya sebatas gundukan bukit yang ditumbuhi rerumputan hijau.

Dengan hamparan rumput hijau yang luas, warga setempat sering menjadikannya sebagai tempat menggembala kerbau. Sekeliling lahan pun tampak dipagar menggunakan kayu agar kerbau tidak keluar.

Gala-gala Cinta, Porsea/Paul Rajagukguk

Dari tempat yang menyerupai lapangan golf ini, tersaji pemandangan luar biasa di bawah sana, yaitu Sungai Asahan yang airnya bersumber dari Danau Toba dan bermuara di Tanjung Balai. Sungai besar dan tenang ini terlihat mengular sejauh mata memandang.

Sementara di sisi selatan terlihat hamparan sawah warga yang sudah menghijau. Tempat ini cocok bagi kalian yang ingin suasana sunyi, sambil ditemani angin sepoi-sepoi dan suara burung. Benar-benar tidak ada keriuhan sedikitpun.

Jika beruntung, kalian yang datang di pagi atau sore hari, akan disuguhi sunrise atau sunset. Pemandangan ini tentu akan membuat kelian berharap matahari tidak cepat meninggi atau kembali ke tempat peraduannya.

Adalah Pak Tambunan, sang pemilik lahan, yang berhasil menyulap lahan ini menjadi tempat yang indah luar biasa.

Bagaimana ceritanya?