Pantai Sunyi di Samosir Ini Ternyata Sangat Disukai Turis Asing

Alex Zetro Siagian | Minggu, 19 Maret 2017 12:03:04

Pantai Batu Hoda, Kecamatan Simanindo, Samosir/simon saragih
Pantai Batu Hoda, Kecamatan Simanindo, Samosir/simon saragih

Berada di tengah Danau Toba, Pulau Samosir sangat dikenal dengan wisata pantainya. Sebut saja, Pantai Putih Parbaba dan Pantai Situngkir yang sudah lebih dulu menjadi primadona.

Tapi tahukah kalian bahwa ternyata banyak pantai indah lainnya di Samosir yang kurang terekspos. Misalnya saja Pantai Batu Hoda.

Lokasinya di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo atau sekira 30 menit perjalanan sepeda motor dari Pangururan, kecamatan tempat dua Pantai Parbaba dan Situngkir berada.

Ketika batakgaul.com mengunjungi Pantai Batu Hoda pekan lalu, kami disajikan pemandangan pasir berbatu sepanjang hampir 100 meter. Karena masih sangat jarang dikunjungi, pantai ini masih terlihat asri. 

Belum ada tumpukan sampah yang berserak. Bahkan, selain pepohonan yang rindang dan bebatuan, banyak bunga tumbuh di pantai ini. 

Pantai Batu Hoda, Kecamatan Simanindo, Samosir/simon saragih

Namun, karena tidak dikelola maksimal, pantai ini pun minim fasilitas. Hanya ada toilet dan warung jajanan milik Radot Sidauruk (50), pemilik sekaligus pengelola lahan pantai ini. 

"Ya beginilah, nggak bisa sepenuhnya mengerjakan ini. Soalnya harus ke ladang lagi tiap hari," kata Radot kepada batakgaul.com.

Meski begitu, situasi pantai yang sepi ini ternyata disukai banyak turis asing. "Mungkin karena sepi itu lokasi ini. Tapi kalau wisatawan lokal paling hanya sesekali ke sini. Makanya nggak kita buat tiket atau biaya masuk ke sini," ujar Radot.

Lalu, kenapa namanya Batu Hoda (Batu Kuda)?