Pantai Pangkodian, Hamparan Pasir Putih Tersembunyi di Danau Toba

Alex Siagian | Sabtu, 03 Desember 2016 06:12:55

Pantai Pangkodian/batakgaul
Pantai Pangkodian/batakgaul

Danau Toba, khususnya di Kabupaten Tobasa sangat terkenal dengan hamparan pantai yang indah di sekelilingnya. Tak salah pemerintah mencanangkan danau kebanggaan orang Batak ini sebagai salah satu destinasi wisata dunia.

Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik perhatian adalah Pantai Pangkodian, yang dikunjungi batakgaul.com Jumat (2/12) siang. 

Pantai pasir putih berbentuk setengah bundaran ini berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Tobasa, sekira 20 menit dari kota Balige. 

Pasir putih di Pantai Pangkodian/batakgaul

Untuk tiba di lokasi ini, pengunjung akan melewati perbukitan dengan kemiringan hampir 50 derajat. Tapi nggak perlu khawatir, jalan munuju lokasi ini sudah aspal dengan lebar sekira 3 meter. 

Walau akses jalan dan fasilitas umum seperi toilet sudah tersedia, lokasi wisata ini sebenarnya relatif masih sepi dari pengunjung. Barangkali keindahan pantai ini kurang dipromosikan.  

Setiba di lokasi, pengunjung akan disuguhi pemandangan hamparan Danau Toba yang sangat indah dan barisan bukit yang hijau. Hamparan pasir putih bisa menjadi tempat bermain dan bersantai. 

Pantai Pangkodian dari atas/batakgaul

Di lokasi ini hanya ada 2 pondok yang tidak berpenghuni. Jadi pengunjung jangan berharap bisa membeli jajanan. 

Tidak seperti di tempat lain yang bahkan menyediakan jasa spead boat untuk mengintari danau,  lokasi ini masih benar-benar sepi. Jangan heran jika saat berkunjung, kalian hanya akan ditemani suara riuh ombak dan tamparan angin. 

Pengunjung sedang bersantai di tepi Pantai Pangkodian/batakgaul

Para pengunjung juga harus ekstra berhati-hati jika ingin berenang, sebab tidak ada penjaga pantai di sini. Kebelihannya,  pengunjung tidak perlu merogoh kocek karena tidak ada biaya tiket untuk pemandangan indah pantai ini. 

Jika kalian tertarik menghabiskan sepi yang indah ini, jangan lupa bawa bekal. Karena perut tentu tidak bisa diajak kompromi :)