Mereka Menyebut Titik Indah di Samosir Ini ‘Panatapan Hallo'

Alex Zetro Siagian | Sabtu, 11 Maret 2017 09:03:37

Panatapan Hallo, Samosir/simon siregar
Panatapan Hallo, Samosir/simon siregar

Jika kalian liburan ke Danau Toba, Sumatera Utara, pastilah sering mendengar istilah ‘panatapan’. Sesuai namaya, panatapan adalah tempat yang dibuat khusus untuk memandang pesona danau vulkanis terbesar di dunia tersebut.

Di Pulau Samosir, yang terletak di tengah Danau Toba, tentu banyak sekali panatapan. Salah satu yang unik adalah ‘Panatapan Hallo’ yang terletak di Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. 

Panatapan ini berjarak sekira 20 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Tomok. Untuk menuju kesana, kalian tinggal menyusuri rute Tomok-Palipi, yang sebentar lagi akan menjadi ring road atau jalan yang mengitari Pulau Samosir.

(BACA: Menikmati Pesona Danau Toba dari Rumah Pohon di Simarjarunjung)

Panatapan Hallo, Samosir/simon siregar

'Panatapan Hallo’ terbilang sederhana. Hanya ada satu warung untuk melayani pengunjung di sana. Namun pemandangan alam yang disajikannya tak kalah istimewa sebagai penyegar mata.

Berada di Panatapan Hallo, batakgaul.com memilih menikmati kopi hitam panas, melepas penat dengan pemandangan panorama hamparan Danau Toba, Bukit Barisan yang hijau dan Hutan Pinus. 

(BACA: 7 Lokasi di Danau Toba Ini Wajib Dikunjungi Saat Pulang Kampung)

Tentu juga perkampungan warga yang terlihat jauh di bawah sana dengan arsitektur rumah adat Batak tampak yang dominan.

Lalu, bagaimana panatapan ini dibuat?