Menpar: Silangit Tak Lama Lagi Harus Jadi Bandara Internasional

Ester Napitupulu | Sabtu, 05 November 2016 09:11:10

Menpar Arief Yahya/batakgaul
Menpar Arief Yahya/batakgaul

Pembangunan akses menuju lokasi wisata Danau Toba, Sumatera Utara, terus dikebut pemerintah. Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, harus segera menjadi bandara internasional.

“Silangit tidak lama lagi harus sudah menjadi international airport,” kata Arief di Jakarta belum lama ini.

Saat ini, kata Arief, percepatan perpanjangan landasan pesawat di Bandara Silangit dari 2.200 meter menjadi 2.650 meter sedang dilakukan. Termasuk pelebaran runaway dari 30 meter menjadi 45 meter. 

Sementara untuk akses darat, lanjut Arief, juga dilakukan pembangunan terminal, yang semula hanya didesain untuk kapasitas 100 ribu penumpang setahun. 

"Sekarang saja per bulan sudah 15 ribu dan per tahun 180 ribu. Sudah overloaded, sehingga harus sekalian didesain untuk 10-20 tahun yang akan datang,” ujarnya. 

Bandara Silangit/batakgaul

Selain itu, jalan dari Silangit ke Parapat sudah diperlebar di kanan dan kiri. Outer ring road di Samosir sedang dalam proses oleh Kemen PU PR. 

"Jalan tol dari Kuala Namu ke Tebing TInggi, lanjut ke Pematang Siantar,” ujarnya.

Pelebaran jalan dari Siantar ke Parapat juga sedang dilakukan. “Ditambah lagi akan ada aktivasi kereta api dari Medan ke Pematang Siantar. Itu akan sangat membantu pengembangan akses menuju danau terdalam di dunia tersebut,” ungkapnya.

Selain membangun akses, pemerintah juga mengedepankan atraksi dan amenitas dalam pembangunan Danau Toba.

SPONSORED
loading...