Menpar Absen, Sukur Nababan ‘Eksis’ di Festival Danau Toba 2016

Laurencius Simanjuntak | Sabtu, 10 September 2016 08:09:44

Gubernur Sumut T Erry Nuradi didampingi oleh Anggota DPR Sukur Nababan/FB: Wonderful Danau Toba
Gubernur Sumut T Erry Nuradi didampingi oleh Anggota DPR Sukur Nababan/FB: Wonderful Danau Toba

Meski sudah dijadwalkan membuka Festival Danau Toba (FDT) 2016, Menteri Pariwisata Arief Yahya nyatanya absen. Dia hanya diwakili oleh staf ahlinya.

FDT akhirnya dibuka oleh Gubenur Sumatera Utara, T Erry Nuradi, dengan memukul tagading, di Dermaga Muara, Desa Hutanagodang, Kecamatan Muara, Kabu­paten Tapanuli Utara (Taput), Jumat (9/9).

“Tentunya event bergengsi seperti ini harus terus diting­katkan, dan kami berharap seluruh kabupaten se kawasan Danau Toba bisa terus mem­buat event seperti ini, Pemrov Sumut akan senantiasa siap membantu,” ujar Erry.

[LIHAT VIDEO: Ini Pesona Danau Toba Dilihat dari Bukit Doa Huta Ginjang]

Panggung Festival Danau Toba 2016/FB: Wonderful Danau Toba

Untuk mengembangkan sek­tor pariwsiata di Sumut, khu­susnya kawasan Danau Toba, kata Erry, tidak bisa hanya mengandalkan intrastruktur, dan sarana prasarana. 

“Tapi kita harus lakukan promosi dengan memperba­nyak event-event di daerah ka­wasan Danau Toba,” ujar Erry yang didampingi Bupati Taput Nikson Nababan, dan bupati kawasan Danau Toba lainnya.

Sukur Nababan

Dalam acara itu juga hadir anggota DPR dari PDIP, Sukur Nababan, yang tak lain adalah saudara kandung dari Bupati Nikson. Meski bukan berasal dari daerah pemilihan Sumut, Sukur banyak tampil di depan acara.

[LIHAT VIDEO: Indahnya Perjalanan Menyeberang Danau Toba]

Misalnya, Sukur berada di sebelah Gubernur Erry saat tortor penyematan ulos, dan dia juga berada di atas podium saat Gubernur Erry memukul tagading tanda dibukanya FDT 2016. Bahkan, Sukur juga memberikan pidato sambutan di atas panggung selama kurang lebih 15 menit.

Gubsu T Erry Nuradi didampingi oleh Anggota DPR Sukur Nababan (kanan)/FB: Wonderful Danau Toba

Sejumlah pihak berspekulasi tampilnya Sukur ini dengan pencalonan Gubernur Sumut 2018-2023. Namun, Sukur belum mengonfirmasi hal ini.

Paling banyak 10 ribu orang hadir dalam Festival Danau Toba 2016, atau seperlima dari massa Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dihadiri Presiden Jokowi.

Dari massa yang hadir, separuhnya adalah siswa dan masyarakat umum yang berjajar dari Bandara Silangit menuju Dermaga, tempat pembukaan acara. Separuhnya lagi, massa yang sudah ada di Dermaga.

Massa di pembukaan FDT juga kebanyakan orang lokal. Kedatangan wisatawan dari luar Tapanuli kurang mencolok.