Menko Maritim Luhut Pandjaitan Otomatis Urus Otorita Danau Toba

Coky Simanjuntak | Rabu, 27 Juli 2016 12:07:42

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan/Facebook
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan/Facebook

Perombakan (reshuffle) kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat Luhut Pandjaitan tergeser dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Namun, tahukah kalian, jabatan baru ini justru membuat pria kelahiran Silaen, Toba Samosir ini, semakin fokus mengurus kampung halamannya, Danau Toba.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016, Ketua Dewan Pengarah Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BODT) otomatis dijabat oleh Menko Bidang Kemaritiman. Sementara Kepala BODT diangkat oleh Menteri Pariwisata atas persetujuan Dewan Pengarah.

(BACA: Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Kerja, Ini Hasilnya!)

Menko Maritim Luhut Pandjaitan/facebook

Dewan Pengarah BODT mempunyai tugas: 

a. Menetapkan kebijakan umum, memberikan arahan, melakukan pengendalian dan pembinaan terhadap pelaksanaan kebijakan pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kawasan Danau Toba; 

b. Mensinkronkan kebijakan Kementerian/Lembaga dan Pemerintahan Daerah mengenai pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kawasan Danau Toba.

c. Memberikan petunjuk pelaksanaan kepada Badan Pelaksana mengenai pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kawasan Danau Toba; dan 

d. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan, pengembangan, dan pembangunan kawasan Danau Toba yang dilakukan oleh Badan Pelaksana.

(BACA: Luhut Padjaitan Imbau Orang Batak di Danau Toba Jangan Palak Turis!)

Sebagai purnawirawan jenderal bintang empat, jabatan Menko Polhukam memang lebih gagah untuk Luhut. 

Namun, kalau jabatan baru membuat Luhut semakin fokus membangun Danau Toba, pastilah banyak orang Batak senang pariwisata di kampungnya diurus oleh putra daerah yang paham seluk beluk danau kebanggaan halak hita tersebut. 

(BACA: Siapa Bakal Jadi ‘Bos' Badan Otorita Danau Toba?)

Selamat atas pengabdian baru Tulang Luhut Pandjaitan. Horas!