Menikmati Pesona Danau Toba dari Rumah Pohon di Simarjarunjung

Alex Zetro Siagian | Sabtu, 25 Februari 2017 11:02:03

Rumah Pohon Simarjarunjung/istimewa
Rumah Pohon Simarjarunjung/istimewa

Perlu titik yang pas untuk menikmati pesona Danau Toba. Terkadang sudut pandang tersebut itu harus diciptakan manusia demi memandang kreasi Tuhan yang sangat menawan.

Salah satu titik itu adalah Rumah Pohon yang terletak di Bukit Indah Simarjarunjung, Desa Parik Sabungan, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dari atas rumah pohon ini, pemandangan hamparan Danau Toba, Pulau Samosir, Desa Tiga Ras, Bukit Barisan nan hijau dan beberapa pulau di pinggiran danau vulkanis terbesar di dunia itu benar-benar menjadi sihir penenang hati dan pikiran. 

(BACA: Perjalanan Menemukan Air Terjun 'Perawan' di Tepi Danau Toba)

Sungguh nyaman rasanya. Belum lagi jika sore hari, hamparan sunset di langit menjadi keindahan tersendiri yang luar biasa menawan. 

Seperti di Kalibiru, Yogyakarta, rumah pohon di Simarjarunjung juga jadi ajang para pengunjung untuk berselfie ria. Kalau di Yogyakarta rumah pohon berlatar Waduk Sermo, di Simarjarunjung jelas lebih eksotis lagi karena hamparannya adalah Danau Toba.

Tapi saat menikmati panorama Danau Toba dari atas rumah pohon, pengunjung harus ekstra hati-hati kalau tidak mau jatuh dari ketinggian 5-7 meter. Belum lagi 2 dari 4 rumah pohon berada di lereng bukit.

(BACA: Samosir Gelar 10 Event Wisata Sepanjang 2017, Ini Jadwalnya!)

Peringatan di rumah pohon/alex

Memang ada pengaman berupa tali yang mengikatkan pengunjung dengan pokok pohon pinus tersebut. Tapi di setiap pohon hanya terdapat satu tali. Jika yang naik lebih dari satu orang, maka yang lain tidak memakai pengaman.

Namun, sepengamatan batakgaul.com, satu pengaman itu pun jarang digunakan. Itu makanya ada pelang yang dipaku di pohon bertuliskan, “Hati-hati. Jatuh Tanggung Sendiri.”

Lalu berapa tarif naik rumah pohon ini?