Menikmati Danau Toba dari Puncak Tertinggi di Sumatera Utara

Jordan Silaban | Minggu, 23 Oktober 2016 10:10:56

Gunung Sibuatan/blogspot
Gunung Sibuatan/blogspot

Nama Gunung Sibuatan memang tidak seterkenal Sinabung yang sering meletus. Namun, gunung dengan ketinggian 2.457 mdpl itu adalah yang tertinggi di Sumatera Utara.

Berada di sekitar Danau Toba, Gunung Sibuatan terletak di empat kabupaten, yakni Karo, Toba Samosir, Deliserdang dan Dairi. 

Gunung tidak aktif ini berada dalam barisan pegunungan dengan ekosistem hutan yang masih asri dan terjaga karena merupakan hutan yang dilindungi. 

Curah hujan di wilayah ini pun cukup tinggi dengan rata-rata 2.000 mm per tahun. Musim hujan terjadi pada kisaran bulan September hingga bulan Desember.

Mendaki Gunung Sibuatan pun cukup menantang. Sebab, tidak ada jalur yang rata dalam jalan setapak menuju puncak. Bahkan kemiringannya ada yang mencapai 80 derajat.

Pendaki Gunung Sibuatan, Reggy/IG: @reggyprb

Dalam perjalanan, juga tidak ada mata air untuk diminum. Jadi, sebelum naik, hendaknya para pendaki mempersiapkan perjalanan dengan baik. Jangan sampai kalian kekurangan air.

Untuk mencapai puncak, pendaki bisa menghabiskan waktu 7-9 jam. Uniknya, gunung ini memiliki dua puncak yang bisa dipilih: Barat atau Timur. 

Saat menjajaki jalan setapak menuju puncak, para pendaki akan disuguhi keindahan dari jenis tanaman Kantung Semar (Nepenthes) yang tumbuh di sembarang tempat.  Tumbuhan ini ada yang tumbuh di tanah dan ada juga sebagian yang tumbuh pada pepohonan. 

Beberapa jenis anggrek dengan berbagai warna dan ukuran juga menempel pada pohon. Namun, ada juga yang tumbuh di tanah.

Mendaki Gunung Sibuatan memang penuh tantangan, namun semua terbayar jika sudah berada di puncaknya, yang merupakan salah satu titik terindah menikmati Danau Toba.

SPONSORED
loading...