Menengok Taman Firdaus dan Bahtera Nuh di Dairi

Fajar Gunawan | Senin, 25 September 2017 18:09:52

Replika Taman Firdaus di Taman Wisata Iman, Dairi/fajar
Replika Taman Firdaus di Taman Wisata Iman, Dairi/fajar

Selain terkenal dengan kopinya, Kabupaten Dairi juga terkenal dengan destinasi wisatanya. Salah satunya adalah Taman Wisata Iman (TWI). Banyak hal menarik membuat kalian nyaman jika berkunjung ke sini.

Pemandangan alam yang indah, udara sejuk serta miniatur bangunan tempat ibadah dari lima agama tersaji di sini. Tak heran kalau di tempat ini kalian bisa berwisata sambil beribadah.

Lokasi wisata nan elok bernuansa religius ini berada di Bukit Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara.

(DAPATKAN: Kaos ‘Saya Batak, Saya Indonesia’ di Sini)

Gerbang masuk Taman Wisata Iman, Bukit Sitinjo, Dairi/fajar

Dibangun di atas lahan seluas 13 Ha dan berjarak sekitar 152 Km dari Kota Medan, lokasi ini dapat ditempuh  dengan waktu 4 jam menggunakan kendaran bus, mobil pribadi ataupun sepedamotori.

Di TWI ini masing-masing miniatur menggambarkan beberapa kejadian dan tempat ibadah yang dianggap suci dan sakral oleh lima agama.

Memasuki gerbang masuk lokasi TWI yang kondisi jalannya menanjak dan berkelok, kalian akan melihat sebuah candi Vihara Saddhavadana. Tempat ibadah umat Buddha ini didesain seperti bangunan Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Vihara Saddhavadana/Foto: Fajar Gunawan

Pada bangunan depan terlihat patung Sang Buddha dengan posisi bermeditasi duduk bersila. Dibangun cukup besar dan megah, bangunan ini dikelilinggi hutan pinus. Biasanya candi ini ramai dikunjungi pada perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina.

Lalu tempat ibadah apa selanjutnya?