'Long Weekend', Danau Toba Dipadati Wisatawan

Coky Simanjuntak | Senin, 12 Desember 2016 11:12:14

Pantai Bebas, Parapat/batakgaul
Pantai Bebas, Parapat/batakgaul

Lokasi wisata Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, dipadati pengunjung yang menikmati libur panjang akhir pekan dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada Minggu (11/12), hampir seluruh ruas jalan di pinggiran Danau Toba tersebut dipadati mobil dan sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan.

Lokasi di Parapat semakin ramai karena adanya kegiatan touring pengguna sepeda motor yang tergabung dalam Xtrim yang ikut dihadiri personel TNI dan Polri.

Kepadatan pengunjung semakin banyak terlihat di pinggiran pantai bebas Parapat, baik yang berenang maupun bersantai di berbagai lokasi yang disewakan.

Boru Sinaga, salah seorang pemilik lokasi sewa penginapan di Parapat mengatakan, keramaian di lokasi wisata andalan di Sumut itu telah ramai sejak Sabtu (10/12).

Parapat/batakgaul

Keramaian tersebut diperkirakan mengalami puncak pada Senin (12/12) karena hari terkahir dari libur yang relatif panjang itu.

"Mungkin Senin juga ramainya, puncaknyalah," katanya.

Keramaian tersebut juga memberikan keuntungan bagi penjual souvenir, baik berupa pakaian maupun aksesoris yang identik dengan Danau Toba.

Salah seorang pedagang busana di Parapat Andre Sitanggang mengaku peningkatan penjualan yang signifikan dalam dua hari terakhir.

Pada akhir pekan biasa, ia mengaku hanya mampu menjual busana bermotif Danau Toba dan etnik Batak sekitar 10 potong.

"Kalau sekarang, bisa lebih 100 potong," katanya.