Libur Lebaran, Kapal Feri di Samosir Beroperasi 24 Jam Tiap Hari

Coky Simanjuntak | Jumat, 24 Juni 2016 16:06:06

Ilustrasi penyeberangan ke Samosir/blogspot
Ilustrasi penyeberangan ke Samosir/blogspot

Jumlah kunjungan ke Samosir pada libur Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat tajam, seiring dibukannya sejumlah rute penerbangan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara.

Oleh karenanya, transportasi air menuju pulau di tengah Danau Toba itu juga akan diperbanyak.

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, akan menyiagakan transportasi jalur air masuk dan keluar daerah itu selama 24 jam pada Lebaran tahun 2016.

Kepala Dishub Kominfo Kabupaten Samosir, Dosi Raja Simarmata, mengatakan operasional 24 jam itu untuk kapal feri di dermaga rute Simanindo Samosir-Tigaras Simalungun dan Tomok Samosir-Ajibata Toba Samosir.

Dishub Kominfo juga memperkirakan, kunjungan ke Samosir pada Idul Fitri 1437 H, lewat rute Onan Runggu dan Balige akan ramai.

Untuk itu, Dishub Kominfo akan menambah jadwal keberangkatan kapal feri dari Hari Senin dan Jumat menjadi setiap hari.

Rekayasa lain rute Onan Runggu Samosir-Balige Toba Samosir dialihkan untuk mengangkut penaumpang di dermaga Simanindo dan Tomok.

"Kita sesuaikan dengan kondisi dan situasi nantinya. Intinya untuk kelancaran transportasi," kata Dosi.

Dishub Kominfo juga telah menyampaikan imbauan kepada pemilik kapal penumpang jenis kayu untuk menyiapkan pelampung bagi penumpang.

[LIHAT VIDEO: Penerbangan Jakarta-Silangit Buat Bonapasogit Makin Dekat]

Mereka juga diminta tidak membawa penumpang melebihi kapasitas kapal kayu untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.

"Bagi penumpang kita imbau untuk duduk di kursi, jangan berdiri di tepi kapal, karena memasuki musim ombak kuat dan angin kencang," kata Dosi.