Kembali Digelar, Gerakan Cinta Danau Toba Fokus ke Anak Muda

Laurencius Simanjuntak | Selasa, 29 November 2016 18:11:41

Poster Gerakan Cinta Danau Toba 2/danautoba.org
Poster Gerakan Cinta Danau Toba 2/danautoba.org

Gerekan Cinta Danau Toba (GCDT) akan digelar untuk kedua kalinya pada 27-30 Desember mendatang. Kali ini, GCDT akan mengambil tempat di Silalahi-Paropo, Kabupaten Dairi dan Tongging, Kabupaten Karo.

Seperti dikutip dari danautoba.org, Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) sebagai penyeleggara menyatakan, memfokuskan kegiatan ini pada generasi muda Batak. 

"YPDT menyadari bahwa generasi muda merupakan calon pengganti generasi tua yang diharapkan dapat memulihkan dan melestarikan lingkungan hidup di Kawasan Danau Toba,” ujar Ketua Umum Panitia Pusat GCDT II, Berlin Silalahi, Selasa (29/11).

Berlin menjelaskan, GCDT adalah sebuah gerakan untuk memulihkan kondisi Danau Toba yang sudah rusak agar kembali lagi menjadi Danau Toba indah (Tao Toba Nauli), Airnya Jernih (Aek natio), dan Sumber Air Kehidupan (Mual Hangoluon) bagi semua makhluk hidup.

Menurut Berlin, GCDT akan lebih menukik tajam menjawab persoalan di Kawasan Danau Toba, dengan mengangkat kembali potensi masyarakat baik potensi seni, budaya, kuliner, lingkungan, sosial, dalam hal ini gotong royong maupun objek pariwisata.

Berikut kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di GCDT:

Sumber: danautoba.org