Karnaval di Tano Batak, Jokowi akan Pakai Ulos Khusus

Ester Napitupulu | Kamis, 11 Agustus 2016 14:08:36

Presiden Jokowi memakai ulos/Setpres
Presiden Jokowi memakai ulos/Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi akan hadir dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba  (KKPDT) 2016 di Parapat dan Balige, Sumatera Utara, pada 20-21 Agustus mendatang.

Tidak hanya hadir, keduanya juga akan mengikuti pawai bersama masyarakat di Tano Batak dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan ke-71 RI.

Rencanaya, Jokowi akan mengenakan ulos jenis Ragidup Sirara. Sementara, Ny Iriana bakal memakai ulos bermotif Tumtuman. Keduanya dirancang khusus oleh Edward Hutabarat.

[LIHAT VIDEO: Luar Biasa! Festival Ulos Pernah Digelar di Amerika]

Jokowi dengan berbagai jenis ulos

Koordinator Pelaksana Karnaval Jay Wijayanto menambahkan, karnaval ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele.

Dalam karnaval, akan ada 15 mobil hias dengan tema-tema visual berbagai sub-etnik Batak, iring-iringan 700 wanita berpakaian adat yang menjunjung tandok.

“Tandok itu anyaman berisi beras yang biasanya dipanggul di atas kepala oleh perempuan Batak,” jelas Jay.

[BACA: Kain-kain Batak yang Pernah Dipakai Jokowi]

Selain itu, lanjut Jay, juga akan ada barisan 350 pemain seruling, 100 wanita penari Cawan, Si Gale-Gale yang ditandu, Tarian 5 Puak, Topeng Huda-Huda, Pesilat Simalungun dan Gundala-Gundala Karo. 

Tidak lupa tampilan Gondang dan Taganing, alat musik perkusi bernada yang dipukul dengan tongkat kecil.

“Keunikan karnaval bernuansa budaya kali ini adalah kombinasi dari tiga unsur, yakni: warna, bunyi dan gerak,” ungkap Jay.