Kalian Harus Kemping di Tepian Tao Silalahi Biar Tak Penasaran

Fajar Gunawan | Senin, 12 Juni 2017 16:06:09

Camping Ground Tao Silalahi/fajar
Camping Ground Tao Silalahi/fajar

Pulau Paropo yang dulunya bernama asli Pulau Situngkir atau Pulau Rumatanggal berada di perbatasan Desa Paropo dan Desa Silalahi III.

Setiap hari libur, lokasi kemping ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan juga pecinta alam. Baik dari dalam atau luar wilayah Sumatera Utara.

Begitu sampai di Pulau Paropo, pengunjung akan melihat deretan tenda terpasang di sepanjang garis pantai hingga perbukitan Pulau Paropo.

Lukman Hakim, salah satu pengunjung yang juga anggota komunitas pecinta alam dari Medan, mengatakan sudah sangat sering berkunjung dan bermalam ke lokasi kamping ini.

“Semoga alam disini tetap dijaga kelestariannya, sampah juga harus dikelola dengan baik dan kita siap membantu dan memberikan pengarahan untuk pengelolaan sampah kepada pengelola wisata,” ujarnya.  

Salah seorang wisatawan yang berkemping di tepi Tao Silalahi/fajar

Pihak pengelola wisata, Toni Situngkir (45) mengatakan siap berkordinasi dan bekerjasama dengan para komunitas pecinta alam.

“Tujuan kita juga sama bagaimana supaya lokasi ini tetap lestari dan asri tanpa sampah,” ujarnya.

Sejak dibuka November 2016, para pengunjung yang yang datang ke tempat ini sudah mencapai ribuan orang. Setiap pekan wisatawan dari luar daerah yang terdiri muda-mudi selalu ramai berdatangan untuk berkamping..

“Untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan kita selalu jaga dan kita juga bekerjasama dengan para pemuda-pemudi di sekitar Silalahi, Paropo, Tongging (Sipartogi),” ujarnya.

Lalu, bagaimana akses ke lokasi wisata ini?