Jokowi akan Lepas Karnaval Kapal Pakaian Adat di Danau Toba

Coky Simanjuntak | Rabu, 13 Juli 2016 06:07:12

Presiden Jokowi di Danau Toba/Setpres
Presiden Jokowi di Danau Toba/Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Festival Kemerdekaan Pesona Toba yang akan dilaksanakan 20-21 Agustus mendatang. 

Kegiatan yang diselenggarakan di pantai bebas Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun tersebut rencananya juga akan dihadiri utusan seluruh provinsi di Indonesia, termasuk delapan negara sahabat.

Pembahasan festival tersebut baru satu kali dilakukan dan akan ditindaklanjuti dengan menghadirkan tim dari Kesekretariatan Negara dan tujuh pemkabdi sekitar Danau Toba.

Dalam pembahasan awal, festival itu akan diisi dengan karnaval kapal hias dengan peserta yang menggunakan pakaian adat yang dilepas Presiden Joko Widodo, sedangkan pada malam harinya menampilkan kembang api yang diikuti 360 kapal.

"Ini even tahunan yang berskala internasional, menampilkan atraksi seni budaya dan karnaval air dan darat, sekaligus menampilkan potensi masing-masing negara dan provinsi yang hadir,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Elisa Marbun dalam rapat dengan Komisi B DPRD Sumut di Medan, seperti dikutip Antara kemarin.

Danau Toba/www.indonesia-holidays.com

Untuk menyukseskan acara tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara mengusulkan adanya anggaran pendampingan sebesar Rp1 miliar untuk penyelenggaraan 

Elisa mengatakan, Festival Kemerdekaan Pesona Toba itu merupakan agenda Kementerian Pariwisata dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Karena bersifat mendadak, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak memiliki anggaran untuk mendukung kegiatan tersebut, sehingga mengusulkan anggaran tersendiri.

Namun anggaran tersebut bersifat pendampingan untuk mendukung kelancaran kegiatan yang didanai dari anggaran Kementerian Pariwisata.

(BACA JUGA: Sebelum Jokowi Datang Lagi, Danau Toba Harus Bersih dari Keramba!)

Pihaknya mengharapkan Komisi B DPRD Sumut dapat mendukung pengalokasian anggaran tersebut dalam Perubahan APBD tahun 2016.

Dana pendampingan itu akan digunakan untuk kegiatan yang bersifat pendukung seperti sewa kapal, hias kapal, atraksi budaya, termasuk persiapan penjamuan makan malam tamu kehormatan negara.

Sedangkan seluruh agenda Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 sudah disiapkan tim khusus yang dibentuk Kementerian Pariwisata.

Untuk diketahui, awalnya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di kawasan Sungai Musi, Provinsi Sumatera Selatan. Namun akhirnya diputuskan dilaksanakan di Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan nasional.