Ini Rencana Penataan Kawasan Wisata di Ajibata, Parapat & Tomok

Jordan Silaban | Selasa, 22 November 2016 14:11:10

Parapat/batakgaul
Parapat/batakgaul

Pembangunan Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, terus dikebut. Untuk aksesbilitas, ada tiga daerah yang menjadi fokus yakni Ajibata, Parapat dan Tomok.

Semua penataan itu akan ditangani oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di bawah Ditjen Cipta Karya.

"Untuk di Parapat akan dilakukan penataan pedestrian,” kata Anggota Pokja Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Ari Prasetyo, belum lama ini.

Konstruksi bawah pedestrian di Parapat akan didesain dari material yang mampu bertahan lama. Selain itu, jalan akan dibuat cukup lebar sehingga pejalan kaki bisa nyaman berlalu-lalang di sekitar danau.

Danau Toba/batakgaul

Arie melanjutkan, penanaman vegetasi juga akan dilakukan. Pohon-pohon besar, rindang akan ditata dengan rapi, diselaraskan dengan pedestrian yang dibangun.

Kawasan ini juga akan mendapatkan tambahan toilet ramah lingkungan, sekaligus dapat memberi contoh kepada masyarakat soal budaya bersih.

“Satunya lagi revitalisasi drainase. Target penyelesaian desain minggu ini, dan fisik selesai sebelum Natal,” ujar  Arie.

Dia melanjutkan, pembuatan guidelines pengecatan bangunan di sekitar Parapat juga sudah mulai digarap.

Menurutnya, saat ini penataan sedang dalam pengerjaan studi benchmarking. “Targetnya, Natal sudah ada guidelines-nya,” kata dia.

Selain Parapat, penataan di Ajibata juga bakal ikut digeber. Fokusnya, mengarah ke penataan pedestrian dan pedagang kaki lima, penanaman vegetasi, penambahan toilet ramah lingkungan, dan revitalisasi drainase.

Target penyelesaian desain  juga minggu ini.  Sedangkan penyelesaian fisik, diproyeksikan selesai sebelum Natal.

Sementara, kata Arie, penataan Tomok kurang lebih sama. 

"Di sana akan dilakukan penataan pedestrian, penanaman vegetasi, penambahan toilet ramah lingkungan, dan revitalisasi drainase. Target penyelesaian desain minggu ini  dan fisik selesai sebelum Natal,” katanya.