Ini Makna Ulos yang akan Dipakai Jokowi di Karnaval Pesona Toba

Laurencius Simanjuntak | Sabtu, 20 Agustus 2016 09:08:52

Presiden Jokowi diulosi di Bandara Silangit/Setpres
Presiden Jokowi diulosi di Bandara Silangit/Setpres

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi akan hadir dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba  (KKPDT) 2016 Balige, Minggu (21/8) sore besok.

Dalam karnaval sepanjang 3,5 km itu, Jokowi dan istri akan memakai ulos. 

Jokowi akan mengenakan ulos jenis Ragidup Sirara. Sementara, Ny Iriana bakal memakai ulos bermotif Tumtuman. Keduanya dirancang khusus oleh Edward Hutabarat.

Seperti ulos jenis lain, kain Batak yang dipakai Jokowi dan istri ini juga sarat makna.

Ulos Ragidup Sirara

Ulos Ragidup Sirara adalah turunan dari Ulos Ragidup dengan dominasi warna gelap. Bedanya, jenis Sirara ini ditandai dengan warna merah yang menonjol. 

(BACA: Kain-kain Batak yang Pernah Dipakai Jokowi)

Motif Ulos Ragidup memiliki garis-garis di bagian tengah yang mengantarai dua bidang putih di kedua ujungnya. Kedua pinggiran itu menyerupai pinggiran Ulos Ragihotang, yang khusus diperuntukkan bagi pria.

Ragidup berasal dari kata ragi dan idup yang bermakna corak yang hidup. Ulos ini diperuntukkan bagi kaum bapak atau bagi pribadi yang terhormat atau para raja.

Secara umum ulos diberikan kepada seseorang sebagai tanda penghormatan atau penghargaan kepada pribadi yang diterima dengan baik dan diakui sebagai bagian dari masyarakat pemberi ulos. 

Kain-kain Batak yang pernah dipakai Jokowi

Ulos Tum-tuman

Asal-usul nama ulos ini diperkirakan bersumber dari motifnya, yang dekat dengan makna menyala dan berdentum secara lembut. 

[LIHAT VIDEO: Luar Biasa! Festival Ulos Pernah Digelar di Amerika]

Motif ulos ini sudah mulai langka dan digunakan kaum ibu. Itu makanya ulos ini akan cocok dipakai oleh Ibu Negara.

Jenis ulos untuk kaum ibu dan perempuan dibedakan untuk kaum bapak dan laki-laki. Penggunaan ulos yang sama untuk kaum laki dan perempuan hanya terjadi sewaktu menerima ulos dalam acara adat. 

Jenis ulos yang digunakan kaum ibu dan wanita adalah Sadum, Mangiring, Surisuri, dan lain-lain. Sadum lazim didominasi warna-warni yang feminin dan menjadi penanda yang jelas pada pesta.