Hotel di Kawasan Otorita Danau Toba untuk Pasar Kelas Atas

Ester Napitupulu | Kamis, 01 Desember 2016 22:12:45

Danau Toba/batakgaul
Danau Toba/batakgaul

Hotel menjadi salah satu bagian terpenting dalam pembangunan wisata di Danau Toba, Sumatera Utara. Khusus di kawasan otorita Danau Toba, pemerintah sudah memutuskan pembangunan hotel hanya untuk pasar kelas atas.

"Rapat di Kementerian Koordinasi Kemaritiman, (hotel) sudah pasti untuk high end market,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya usai pelantikan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba di Jakarta, Rabu (30/11).

Arief menjelaskan, kawasan tersebut nantinya akan mirip dengan Nusa Dua di Bali. Menurutnya, pembangunan hotel-hotel baru dengan kelas high end akan lebih mudah dibandingkan membenahi hotel-hotel yang telah berdiri.

"Kalau (membangun) existing itu tidak lebih mudah dan murah, tapi (lebih mudah) membangun dari lapangan yang masih kosong," lanjutnya.

Sementara ituKetua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Haryadi Sukamdani menilai Danau Toba memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Banyak potensi alam dan budaya di sekitar Danau Toba yang bisa menjadi magnet bagi wisatawan.

Menurutnya, resort adalah jenis penginapan yang cocok di danau vulkanis terbesar di dunia itu. 

"Karena yang dijual pemandangan dan budaya. Agak beda dengan city hotel," ujarnya.