Edo Kondologit: Indonesia Tidak Saja Bali, Tapi Juga Danau Toba

Laurencius Simanjuntak | Sabtu, 20 Agustus 2016 16:08:59

Pesona Danau Toba
Pesona Danau Toba

Danau Toba tidak kalah indah dengan destinasi wisata lain di Indonesia. Wisata alam Danau Toba memiliki potensi untuk diketahui wisatawan lokal hingga mancanegara.

Penyanyi beraliran jazz asal Papua Edo Kondologit turut mempromosikan potensi wisata alam yang dimiliki Danau Toba.

"Indonesia itu tidak saja Bali atau Raja Ampat yang memiliki objek wisata terkenal, tapi juga Danau Toba dan lainnya yang harus diketahui wisatawan lokal dan mancanegara," kata Edo, disela-sela penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat, Sumatera Utara, Sabtu (20/8).

(BACA: Mau Jalan-jalan Gratis ke Danau Toba? Ini caranya!)

Edo yang lahir di Sorong, 5 Agustus 1967 itu mengatakan, objek wisata di Indonesia tak kalah menarik dengan negara lain. Untuk itu, upaya promosi harus terus dilakukan jika ingin bersaing dengan negara lain.

"Walaupun tanah kelahiran saya di Papua tapi saya adalah warga negara Indonesia yang harus siap mempromosikan potensi budaya dan wisata nasional yang kaya dan indah ini," katanya.

(BACA: Foto-foto Persiapan Panggung Musik Kemerdekaan di Parapat)

Dia berpesan kepada masyarakat yang memiliki objek wisata hendaknya tetap menjaga keindahan dan kebersihan, antara lain dengan merawat sarana yang sudah ada serta tidak membuang sampah sembarangan.

"Jangan sampai saat kita sudah pulang mempromosikan objek wisata tapi masyarakatnya tidak bisa merawat keindahan dan kebersihan," kata Edo.