Dihadiri Presiden Jokowi, Danau Toba Banjir Acara di Akhir Tahun

Coky Simanjuntak | Sabtu, 17 Desember 2016 16:12:03

Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul
Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul

Danau Toba siap menyambut Presiden Jokowi yang akan datang dalam perayaan Natal Nasional di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, pada 26 Desember mendatang. 

Disamping itu, sejumlah acara akan digelar di danau vulkanis terbesar dunia itu mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

”Acaranya akan sudah dimulai tanggal 23 Desember 2016, selain itu kami sudah mendapatkan kabar bahwa sampai saat ini Pak Presiden Jokowi ke Danau Toba pada tanggal 26 Desember,” ujar Kepala Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Arie Prasetyo, belum lama ini.

Acara-acara yang akan digelar di Danau Toba antara lain festival, hiburan musik, penampilan tari tradisional dan beberapa acara yang mengedepankan kearifan lokal.

”Terutama saat Presiden Jokowi datang, acara akan meriah. Karena memang akan banyak yang mudik liburan Natal selain itu juga akan ada wisman yang hadir di acara puncak Natal tersebut,” ujar Arie.

Danau Toba/batakgaul

Diakui Arie, Indonesia memiliki banyak danau elok dan indah hampir di setiap pulaunya. Namun yang berhasil memikat Presiden Joko Widodo adalah Danau Toba.

Untuk diketahui, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan 1 juta Wisman ke Danau Toba hingga tahun 2019.

Dia meyakini angka 1 juta itu bisa tercapai karena saat ini kunjungan wisata ke Sumatera Utara sudah diangka 250 ribu, kendati dari jumlah itu sekitar 60 hingga 70 ribu yang mengunjungi Danau Toba. 

Arie menjelaskan, untuk mencapai 1 juta wisatawan, infrastruktur di kawasan danau yang mengelilingi 7 kabupaten di Sumut itu perlu dibenahi.