Danau Toba Jadi Tempat Kompetisi Paduan Suara Internasional

Coky Simanjuntak | Rabu, 13 Juli 2016 08:07:11

Danau Toba/maritim.go.id
Danau Toba/maritim.go.id

Danau Toba, Sumatera Utara, akan menjadi tempat 'The 1st North Sumatra International Choir Competition’ pada 18 - 24 Juli 2016.

Ketua panitia pelaksana paduan suara, Jones Celnov Lubis, mengatakan, kegiatan akan mengambil tempat di Parapat, Kabupaten Simalungun, dan daerah sekitarnya.

Dia menjelaskan, selain kompetisi paduan suara, akan ada workshop dan 'choral clinic' serta eksibisi terkait seni budaya dan kepariwisataan .

Kegiatan itu sendiri mengangkat tema Let's Sing For Peace.

"Awalnya, kegiatan memang direncanakan dilaksanakan di Kota Medan, tetapi kemudian diubah ke kawasan Danau Toba sebagai wujud dukungan ke program pemerintah," katanya.

nsicc.deualu.org

Mengenai peserta, selain dari luar negeri, juga berasal dari seluruh provinsi Indonesia serta juri yang juga dari dalam dan luar negeri.

"Akan ada 10 kategori yang akan diperlombakan dan diikuti 65 tim. Acara itu akan dihadiri ribuan peserta mengingat penyanyinya saja ada 1.200 orang, belum termasuk official dan pendamping" kata Jones.

[LIHAT VIDEO: Membanggakan! Paduan Suara Anak Indonesia Juara di Italia]

Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi memberi apresiasi atas rencana kompetisi internasional ini.

"Kompetisi Paduan Suara Internasional di Danau Toba akan sangat membantu meningkatkan promosi kawasan wisata itu yang dewasa ini dijadikan pemerintah pusat menjadi salah satu destinasi utama Indonesia," katanya saat menerima audiensi panitia di Medan, kemarin.

Menurut Erry, kegiatan itu bermanfaat besar bagi warga Danau Toba sekitarnya dan termasuk Sumut dan Indonesia secara keseluruhan.

Venue kompetisi/nsicc.deualu.org

Dengan kegiatan itu, bukan hanya menambah pendapatan ekonomi di kawasan tersebut, tetapi juga mempromosikan Danau Toba, Sumut dan Indonesia secara keseluruhan ke provinsi lain dan khususnya di dunia internasional.

"Peserta asing diharapkan bisa mempromosikan Danau Toba ke negara peserta masing-masing," katanya.

Agar benar-benar bermanfaat, kata dia, Erry meminta panitia melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga menjaga nama baik Provinsi Sumut.