Danau Toba Jadi Pusat Perayaan HUT RI ke-71, Jokowi Hadir!

Jordan Silaban | Rabu, 15 Juni 2016 07:06:20

Presiden Jokowi di Bandara Silangit/Setpres
Presiden Jokowi di Bandara Silangit/Setpres

Upaya Presiden Jokowi untuk membangun pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, tidak main-main. Perhatian Jokowi terus diarahkan pada danau kebanggaan orang Batak tersebut.

Buktinya, kepala negara sudah menetapkan Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016 mendatang.

"Presiden Jokowi sudah menginstruksikan diadakan di Danau Toba," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya usai peresmian rute penerbangan baru di Bandara Kualanamu, seperti dikutip Antara Selasa (14/6).

Acara kenegaraan juga akan digelar di danau vulkanis terbesar di dunia itu. Selain itu, juga akan digelar kegiatan Karnaval Katulistiwa.

Dulu, kata Arief, syukuran peringatan hari kemerdekaan tersebut sering dinamakan Pesta Rakyat. Namun oleh Presiden Jokowi, namanya diubah menjadi Karnaval Katulistiwa yang pertama kali dilakukan di Pontianak, Kalimantan Barat, tahun lalu.

(BACA: Presiden Jokowi Akhirnya Teken Perpres Otorita Danau Toba)

Meski telah diintsruksikan Presiden, kata Arief, pihaknya belum menentukan nama kegiatan yang dipusatkan di Danau Toba tersebut.

"Namanya belum kita pikirkan, apakah Karnaval Katulistiwa Toba atau apa," katanya di hadapan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi.