Batu Besar di Danau Toba Ini Konon Suka Berpindah Tempat

Coky Simanjuntak | Sabtu, 27 Mei 2017 13:05:28

Batu Guru Datu Parulas/batakgaul
Batu Guru Datu Parulas/batakgaul


Berdasarkan cerita rakyat setempat, dulu ada dua batu besar yang saling beradu akibat adu kesaktian para raja-raja Batak. Batu yang satu berada di daratan dan batu yang satu lagi terjun ke Danau Toba.

Batu yang terbang ke danau ini konon berubah arah dan pindah tempat, sehingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat setempat. Karena dirasa menganggu, maka demi menjinakkan batu itu, diadakanlah suatu kompetisi berupa adu kesaktian di antara masyarakat.

Seseorang bernama Datu Parulas atau Datu Parultop disebut-sebut sanggup melumpuhkan batu tersebut. Akhirnya, dia pun menggelar acara ritual untuk menjinakkan batu.

Dengan mengatur semua persyaratan dan perlengkapan, Datu Parulas akhirnya bisa melaksanakan ritual dengan baik. Masyarakat setempat menyaksikan bagaimana Datu Parulas berbicara dengan batu, namun masyarkat yang menyaksikan tidak mengerti apa isi pembicaraan.

Setelah ritual itu selesai, batu itu diam di tempat hingga sekarang. Karena mampu dijinakkan oleh Datu Parulas, batu tersebut dinamakan Batu Guru Datu Parulas hingga sekarang.

(Dari berbagai sumber)