Alamak! 20-an Truk Eceng Gondok Diangkut dari Danau Toba

Jordan Silaban | Jumat, 20 Mei 2016 19:05:27

Eceng gondok penuhi Danau Toba/blogspot
Eceng gondok penuhi Danau Toba/blogspot

Danau Toba kita tampak makin semrawut saja. Selain ‘ditanam’ keramba apung yang tidak teratur, danau vulkasis terbesar di dunia ini juga dipenuhi eceng gondok.

Namun upaya untuk membersihkan danau kebanggaan halak hita ini tidak pernah usai. Buktinya, 20-an truk eceng gondok berhasil diangkut 50 pengurus Yayasan Pemrakarsa Bona Pasogit Kabupaten Samosir (YPBPKS), Jumat (20/5)

Ketua Umum YPBPKS, Jhony Naibaho mengatakan, aksi bersih Danau Toba ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah atas terbentuknya Badan Otorita Pariwisata Danau Toba serta program Jumat Bersih pemerintah setempat.

"Kami dukung pengembangan pariwisata Danau Toba, khususnya Samosir," sebut Jhony di lokasi aksi bersih di Jalan Putri Lopian, Kecamatan Pangururan, seperti dikutip Antara.

Mantan Ketua DPRD Samosir itu pun mengajak masyarakat setempat untuk aktif menjaga lingkungan sekitar. Mulai dari hal-hal sederhana seperti bersih-bersih pekarangan rumah dan menempatkan sampahnya dengan baik.

Ketua Dewan Pembina YPBPKS Marlon Simbolon mengatakan, eceng gondok dan sampah tersebut akan diolah menjadi pupuk organik bagi tanaman anggota yayasan itu.

"Aksi bersih Danau Toba bagi YPBPKS sudah masuk dalam program. Artinya aksi ini akan terus berlanjut," kata Marlon.

Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata mengapresiasi kegiatan tersebut, dan berharap terus berkelanjutan.

Politisi PDIP itu juga meminta yayasan tersebut mendukung Ranperda Tanah Ulayat sebagai solusi permasalahan tanah dalam mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba.

"Bila perlu tak usah tanah di jual kepada investor, cukup disewakan sampai puluhan atau ratusan tahun. Kan, masyarakat Samosir lebih beruntung," kata Rismawati.