Akhirnya, Presiden Indonesia Injakkan Kaki di Samosir

Coky Simanjuntak | Senin, 22 Agustus 2016 07:08:02

Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul
Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba/batakgaul

Setelah 71 tahun Indonesia merdeka, presiden republik ini akhirnya menginjakkan kaki di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Dia adalah presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi).

Meski tidak menginap, Jokowi menyempatkan diri untuk mampir ke pulau di tengah Danau Toba itu sebelum menghadiri Karnaval Kemerdekaan Danau Toba 2016 di Balige, Tobasa, Minggu (21/8).

"71 Tahun kami tunggu kedatangan presiden ke Samosir, baru hari ini mimpi kami terwujud," ucap Bupati Samosir Rapidin Simbolon saat upacara penyambutan di Tomok.

(BACA: 4 Bukti Kedekatan Jokowi dengan Orang Batak)

Presiden Jokowi dan Ibu Negara dalam Karnaval Pesona Danau Toba 2016/batakgaul

Hadir mendampingi presiden, yakni Ibu Negara Ny Iriana Jokowi, dan sejumlah menteri seperti Mensesneg Pratikno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, serta anggota DPR Maruarar Sirait.

Saat kunjungan pertama ke Danau Toba pada Maret lalu, Jokowi tidak sampai menemui warga Pulau Samosir. Namun, dia menginstruksikan untuk membangun jalan ring road Samosir dan jembatan di salah satu daerah Samosir.

"Kami sangat berterima kasih suplai energi listrik dari 5 megawatt akan jadi 30 megwatt," kata Rapidin.

Untuk diketahui, Jokowi adalah satu-satunya presiden Indonesia yang menginjakkan kaki di Pulau Samosir. Presiden-presiden sebelumnya, termasuk Soekarno, kebanyakan hanya sampai Parapat dan Balige, tidak pernah menyeberang.