Air Terjun 7 Tingkat di Negeri Kepingan Surga Samosir

Alex Zetro Siagian | Sabtu, 01 April 2017 16:04:20

Air Terjun Sitapigagan, Samosir/batakgaul
Air Terjun Sitapigagan, Samosir/batakgaul

Jika Desa Bonan Dolok 'kepingan surga’, barangkali Air Terjun Sitapigagan adalah tangga untuk mencapainya. Kiasan ini tidak berlebihan mengingat air terjun (sappuran) di Kecamatan Sianjur Mulamula, Samosir ada 7 buah dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Saat batakgaul.com berkunjung ke Bonan Dolok pekan lalu, air terjun 7 tingkat nan besar ini terlihat sangat jelas dari permukiman warga.

Ditemani oleh Pak Indra Sagala, salah seorang warga sekitar, kami lalu menjelajahi air terjun ini, dimulai dari air terjun di tingkatan paling dasar.

Dari sini terlihat jelas deburan air menuruni bebatuan dengan kemiringan sekira 75 derajat. Kubangan air seperti kolam di bagian bawahnya benar-benar menggugah selera  siapapun untuk segera menceburkan diri ke dalamnya.

Kolam di bawah Air Terjun Sitapigagan/batakgaul

Kolam alami itu diameternya sekira 10 meter. Airnya tampak jernih sehingga bebatuan besar di dasarnya terlihat jelas. 

Kadang kala warna airnya juga agak kemerahan. Konon, air ini dapat berubah warga hingga 7 kali dalam sehari. Wow…

Dari air terjun tingkat pertama ini, kami dapat melihat 2 tingkat air terjun di atasnya. Tapi untuk mencapai tingkatan ke dua hingga tingkatan selanjutnya, kami harus menaiki bukit berbatu. 

Sedikit ekstrim memang, tapi kami benar-benar penasaran ingin melihat karya Tuhan yang luar biasa di atas sana. Maka perjalanan kami dimulai dari persawahan warga, naik terus hingga ke areal perkebunan kopi.