'Aek Sipaulak Hosa', Penghilang Haus dan Lelah Istri Raja

Fajar Gunawan | Selasa, 02 Mei 2017 06:05:44

Pengunjung di Aek Sipaulak Hosa, Silahisabungan/fajar
Pengunjung di Aek Sipaulak Hosa, Silahisabungan/fajar

Bagi kalian yang hendak berkunjung  ke Tao Silalahi tentu tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi 'Aek Sipaulak Hosa. Tempat wisata di Kabupaten Dairi, Sumut ini sudah terkenal dengan keajaiban mata airnya.

Lokasinya terletak di perbukitan kawasan hutan menuju Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, yang juga masih  berada di kawasan Danau Toba.

Bagi kalian yang akan berkunjung ke sini dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 2 Km dari Jalan lintas Sidikalang-Medan, tepatnya dari simpang Silalahi.

Namun bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi harus berhati-hati, karena selain kondisi jalan yang menikung dan menurun. Belum lagi jalan licin bila hujan.

Jika sudah sampai Aek Sipaulak Hosa, kalian tidak perlu pusing memikirkan berapa tarif masuknya. Sebab, tempat yang sangat disakralkan keturunan Raja Silahisabungan ini digratiskan untuk umum.

Walau demikian, saat akan memasuki lokasi, pengunjung harus permisi terlebih dahulu kepada penjaga yang membuka warung di depan gerbang pintu masuk.

Hal itu agar pengunjung mengetahui larangan apa saja yang harus ditaati ketika memasuki lokasi yang disakralkan tersebut.

Apa saja larangannya?