Tari Lima Puak Buka Jong Bataks Arts Festival 2016

Tuntun Siallagan | Rabu, 26 Oktober 2016 06:10:31

Tari Lima Puak di pembukaan Jong Bataks Arts Festival Ke-3/batakgaul
Tari Lima Puak di pembukaan Jong Bataks Arts Festival Ke-3/batakgaul

 

Pegelaran Jong Bataks Arts Festival Ketiga 2016 resmi dibuka di Taman Budaya Sumatera Utara, Medan, Sumatera Utara, Selasa (25/10) sore.

 Acara yang akan digelar hingga 28 Oktober mendatang itu dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi. 

Dalam pembukaan acara, tampil penari tradisonal Batak. Para penari terlihat maju ke depan panggung yang mengenakan pakaian adat batak dari sub etnisnya masing-masing, yakni Toba, Mandailing, Simalungun, Karo dan Pakpak.

Secara bergantian, mereka menampilkan tarian Batak dari puak masing-masing. Tampak penonton antusias menyaksikannya dan diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah.

Rangkaian acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi yang mengisahkan ihwal Tao Toba itu. Dibacakan oleh Agus Susilo dengan penghayatan yang tinggi, puisi memikat para pengunjung.

Tarian dari Karo/batakgaul

Selain tari-tarian dan puisi, festival juga menampilkan pertunjukan prolog mengenai Legenda Sampuraga dari Batak Mandailing. Kisah klasik ini bercerita tentang perilaku Sampuraga yang tidak mengakui ibunya. 

Aksi pemeran utama Riski boru Nasution membuat penonton kagum dan akhirnya mendapat respons yang meriah. 

"Prolog ini merupakan kisah yang menyarankan kita supaya tetap menghargai orangtua ataupun para leluhur kita," ujar boru Nasution yang disambut apresiasi dari penonton.

Acara pembukaan Jong Bataks Arts Festival ini digelar hingga tengah malam. Hingga Jumat, 28 Oktober mendatang, acara ini akan melibatkan 48 komunitas di Sumatera Utara. Ada seni tari, seni musik, sastra, teater dan sebagainya.