Sigale-gale, Boneka Mistis Penghibur Raja Batak

Coky Simanjuntak | Jumat, 07 Oktober 2016 20:10:50

Sigale-gale/youtube
Sigale-gale/youtube

Sigale-gale tentu tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Batak. Boneka kayu ini kerap ditampilkan di sejumlah acara besar di Tanah Batak.

Sebut saja Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dihadiri Presiden Jokowi 22 Agustus lalu. Kala itu, beberapa Sigale-gale besar 'menari' di depan panggung diisi presiden dan sejumlah pejabat negara.

Boneka kayu yang dapat menari ini memang memiliki beberapa versi legenda. Cerita yang paling sering didengar mengisahkan tentang seorang raja yang ditinggal mati anaknya  di medan perang. Anak itu bernama Simanggale. 

Sang raja yang larut dalam kesedihan sangat mengkhawatirkan anggota keluarga yang lain. Mereka lalu berinisiatif mengadakan sayembara. 

Isinya, barang siapa yang bisa membuat sang raja bahagia dan melupakan kesedihannya akan diberikan hadiah. 

Sigale-gale dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016/batakgaul

Dari sejumlah upaya, ternyata yang mampu menghibur sang raja adalah sebuah boneka kayu menyerupai wajah dan tubuh Simanggale. Boneka itu dapat bergerak dan menari mengikuti irama musik. 

Konon, boneka penghibur itu dapat bergerak dengan bantuan ilmu supranatural oleh dukun sakti. Boneka kayu ini kemudian dinamakan Sigale-gale. 

Berjalannya waktu, Sigale-gale ini tidak dapat lagi bergerak sendiri. Sebab, tidak ada lagi yang memiliki kemampuan supranatural semacam itu. 

Sigale-gale kemudian digerakkan oleh seorang dalang yang menarik tali-tali yang dipasang pada Sigale-gale, sehingga menyerupai wayang.