Pesta 'Rondang Bittang' Khas Simalungun untuk Promosi Danau Toba

Jordan Silaban | Jumat, 30 September 2016 08:09:06

Kesenian Batak Simalungun/batakgaul
Kesenian Batak Simalungun/batakgaul

Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menggelar "Pesta Rondang Bittang" yang merupakan kegiatan budaya tahunan dan dipusatkan di Pantai Bebas, Parapat, Danau Toba.

Bupati Simalungun JR Saragih menjelaskan Pesta Rondang Bittang (PRB) merupakan warisan para leluhur yang dilaksanakan pada saat panen raya dengan suka cita dan juga pesta remaja yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan tradisional.

(BACA: Menteri Pariwisata Pakai Adat Toba, Bupati Simalungun Menangis)

Parapat dijadikan pusat kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari, 28-30 September 2016, itu untuk lebih mempromosikan Danau Toba sebagai tujuan wisata yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Sedangkan ajang PRB sebagai upaya pemerintah kabupaten setempat untuk menggali, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai budaya Simalungun.

Tarian khas Simalungun/batakgaul

Bupati berpesan kepada para orang tua untuk turut memperkenalkan kebudayaan Simalungun kepada anak-anaknya, sehingga kedepan mereka tidak lupa akan kebudayaan leluhur.

"Meskipun mereka telah berhasil di daerah lain, mereka akan tetap mencintai dan mengenal budaya Simalungun," kata Bupati.

(BACA: Bupati Simalungun: Kami Sudah Memaafkan Pembunuh)

Bupati juga berupaya menggali potensi-potensi budaya hingga ke nagori-nagori (desa) melalui berbagai kegiatan seperti PRB, ulang tahun kabupaten, kegiatan di sekolah-sekolah, dan pelatihan seni budaya.

Kadis Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Simalungun Resman Saragih mengatakan, PRB dirangkai dengan perlombaan busana pengantin Simalungun modern (modifikasi), musik tradisional, vokal solo dan vokal group, serta olahraga tradisional.

 

SPONSORED
loading...