Mintalah, Maka Gondang Batak akan Diberikan Padamu di Kampung Ini

Alex Zetro Siagian | Kamis, 20 April 2017 09:04:34

Huta Bolon, Samosir/batakgaul
Huta Bolon, Samosir/batakgaul

"O amang pargonsi, baen hamu ma gondang…,” begitulah biasanya permintaan gondang (pangido gondang) dari orang di pesta-pesta adat Batak kepada pemain instrumen musik Batak itu.

Biasanya ketika si peminta sudah menyebut jenis gondangnya, misalnya Gondang Mula-mula, maka pargonsi (baca: pargocci/pemain gondang) langsung membalas dengan permainan musik yang didahului dengan pukulan taganing (perkusi Batak).

Nah, tanpa harus mengikuti pesta adat Batak sungguhan, kalian bisa meminta gondang tersebut. Tempatnya di Huta Bolon yang ada di Kecamatan Simanindo, Samosir. Sekira 30 menit perjalanan sepeda motor dari Pangururan, ibu kota kabupaten tersebut.

Saat batakgaul.com berkunjung pekan lalu, huta ini tampak hanya seluas sekira 100 x 150 meter yang dikelilingi tembok tanah dan ditumbuhi bambu. Di dalam huta ini hanya terdapat 3 rumah (ruma) batak, serta terdapat 4 sopo atau lumbung padi di depannya.

Pagar Huta Bolon, Samosir/batakgaul

Sementara dibagian halaman terdapat 'borotan' atau tonggak yang dihiasi dengan daun-daun yang melambangkan pohon suci (pohon beringin). Dahulu, bagian halaman rumah ini dipergunakan sebagai tempat Mangalat Horbo.

Apa itu Mangalat Horbo?