Makan adalah Hal Penting Bagi Orang Batak!

Coky Simanjuntak | Sabtu, 22 Juli 2017 15:07:42

Ilustrasi/puteriputeri.com
Ilustrasi/puteriputeri.com

Orang Batak dikenal jago makan. Apalagi, kalau makanan yang dihidangkan adalah saksang, ikan arsik, ayam tombur dan sebagainya. Bisa habis tak bersisa...ha-ha-ha

Tapi bukan lahapnya orang Batak makan yang mau dibahas di sini, melainkan pentingnya makan bagi orang Batak. Penting bukan karena makan dibutuhkan agar tetap hidup, melainkan makan, bagi orang Batak, merupakan ritual terpenting dalam satu hari.

Menurut ahli Batak dari Belanda, JC Vergouwen (1986), makan menjadi penting bagi orang Batak karena dalam makanan ada daya tondi, dan karenanya seseorang harus makan dengan damai dan tenang.

Bagi orang Batak, tak boleh seorang pun boleh mengganggu orang yang sedang makan. Namun, halak hita juga menilai ada jenis orang-orang yang tidak boleh mempunyai keistimewaan ini. Mereka yakni pembunuh, penculik dan para penjahat.

Hundul di pontas pe i mangan di pinggan puti, boi do buaton (seandainya dia duduk di tempat kehormatan dan makan dari piring yang disucikan, dia boleh ditangkap),” demikian pepatah Batak tentang penjahat yang tak boleh punya hak istimewa saat makan.

Saking pentingnya makan bagi orang Batak, maka seorang pembawa makanan saat perang tidak boleh diganggu oleh pihak lawan. Kenapa?