Lagu ‘Boru Panggoaran’ Cermin Perasaan Judika Sihotang

Coky Simanjuntak | Minggu, 22 Januari 2017 11:01:49

Judika Sihotang dan boru panggoaran-nya, Cleo Sihotang/IG: @jud1ka
Judika Sihotang dan boru panggoaran-nya, Cleo Sihotang/IG: @jud1ka

Dikaruniai anak perempuan (boru) pertama, musisi Batak Judika Sihotang (38) sangat memaknai lagu ‘Boru Panggoaran’. Maka tak heran jika pria kelahiran Sidikalang itu, mau mengaransemen ulang lagu ciptaan Tagor Tampubolon tersebut.

”Lagu ini sengaja saya cover, lalu dijadikan single. Memang, anak pertama perempuan itu adalah sesuatu yang luar biasa,” ujar Judika saat tampil dalam acara perayaan Natal di Polda Jawa Tengah, di Semarang, belum lama ini.

Boru Panggoaran bagi masyarakat Batak mempunyai arti anak boru pertama yang dijadikan nama (panggoaran) orangtuanya. Karena anak perempuannya bernama Cleo Deora Boru Sihotang (2), maka Judika dan istrinya, Duma Riris Silalahi sekarang lebih sering dipanggil ‘Bapak Cleo’ dan 'Mamak Cleo’

Kepara para hadirin, Judika menjelaskan, lagu tersebut mencerminkan seluruh perasaan Judika terhadap boru-nya. Seperti diketahui, setiap lirik ‘Boru Panggoaran' memang berisi nasihat agar sang anak dapat mewujudkan cita-cita serta mengangkat harkat dan martabat kedua orangtua. 

Kini Judika dan Duma sudah dikarunai seorang anak laki-laki bernama Judeo Volante Sihotang yang lahir pada 6 Februari 2016. Lengkap sudah ya… :)