Ketupat Jenis Ini Paling Disukai Orang Batak

Ester Napitupulu | Selasa, 27 Juni 2017 14:06:37

Ketupat ketan
Ketupat ketan

Tidak ada sajian utama saat Lebaran selain ketupat. Dihidangkan bersama sayur dan daging, nasi yang dibungkus daun kelapa itu menambah spesial momen Lebaran.

Namun, beda ladang beda ilalang. Jenis ketupat bisa berbeda-beda untuk setiap masyarakat dengan adat-istiadat tertentu.

Untuk sebagian masyarakat Batak, ketupat beras dengan sayur kurang populer. Halak hita lebih senang sajian ketupat ketan yang bisa dimakan tanpa sayur pendamping.

Berbeda dengan ketupat beras pada umumnya, ketupat ketan ini memang sudah enak tanpa sayur karena rasanya sudah gurih.

Rasa gurih tersebut berasal dari santan kelapa asli yang direbus bersamaan dengan ketupat di atas wajan besar. Apinya pun berasal dari kayu bakar, sehingga menghasilkan aroma ketupat yang khas dan legit.

(DAPATKAN: Kaos-kaos Batakgaul di Sini)

Kalau kalian sering ke acara pesta Batak atau arisan, pastilah tidak asing dengan ketupat ketan satu ini. Atau kalau kalian ingin sengaja membelinya untuk camilan di rumah, bisa datang ke pusat-pusat kuliner Batak, seperti Pasar Senen dan sebagainya.

Sebelum memegang ketupat ketan ini, pastikan kelian menggunakan tisu atau sejenisnya. Sebab, penganan ini sangat lengket, baik di dalam ataupun di luar bungkusnya.

Untuk ukuran, ketupat ketan ini memang tidak terlalu besar seperti ketupat beras. Maklum, ketupat ketan cuma buat camilan saja, bukan makanan utama.

Tapi kalau kalian rasa ketupat ketan ini terlalu kecil untuk ukuran perut kalian, boleh saja diperbesar. Biar nendang kurasa…ha-ha-ha